Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

West Ham Vs Chelsea, Tak Hanya Kesalahan Lini Belakang The Blues

Kompas.com - 02/07/2020, 12:00 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

Sumber Chelsea

KOMPAS.com - Pelatih Chelsea, Frank Lampard, mengungkapkan penyebab kekalahan timnya dari West Ham United pada lanjutan pekan ke-32 Premier League, kasta tertinggi Liga Inggris.

Laga West Ham vs Chelsea yang berlangsung di Stadion London, Kamis (2/7/2020) dini hari WIB itu berakhir dengan skor 3-2 untuk kemenangan tuan rumah.

Tiga gol kemenangan tim tuan rumah, West Ham, dicetak Tomas Soucek (45+2'), Michail Antonio (51'), dan Andriy Yormolenko (89').

Adapun sepasang gol The Blues, julukan Chelsea, tercipta melalui eksekusi penalti dan tendangan bebas Willian (42', 72').

Baca juga: West Ham Vs Chelsea, Dua Gol Willian Gagal Selamatkan The Blues

Dari tiga gol yang bersarang di gawang Chelsea, dua di antaranya berawal dari skema serangan balik. Hanya satu gol yang tercipta melalui set-piece sepak pojok.

Dengan demikian, serangan balik bisa dikatakan sebagai senjata utama West Ham dalam menaklukkan Chelsea.

Menanggapi hal tersebut, Lampard tak hanya menyalahkan barisan pertahanan skuad asuhannya.

Dia menilai, gol-gol yang diciptakan West Ham dan berujung kekalahan bagi Chelsea juga terjadi karena kesalahan dalam membangun serangan.

Terlebih, Chelsea sejatinya sangat mendominasi jalannya laga, sejak awal babak pertama hingga akhir babak kedua.

"Kami melakukan kesalahan dalam membangun serangan, bukan hanya karena pemain bertahan, yang membuat kami kehilangan poin di laga ini," kata Lampard, dikutip dari laman resmi Chelsea.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Arsenal Salip Tottenham, Chelsea Gagal Jauhi Man United

Lebih lanjut, Lampard bersama skuad asuhannya mengaku akan bangkit guna menatap laga selanjutnya.

Sebab, enam laga sisa dalam ajang Liga Inggris musim 2019-2020 sangat krusial bagi Chelsea yang sedang bertarung memperebutkan satu tempat di zona Liga Champions.

Dua pesaing terdekat Chelsea dalam perebutan zona Liga Champions, Manchester United dan Wolverhampton Wanderers (Wolves) pun hanya tertinggal dua poin dari pasukan The Blues.

Chelsea menempati peringkat keempat klasemen dengan koleksi 54 poin, sedangkan Man United dan Wolves sudah mengumpulkan 52 poin.

"Kami memiliki enam pertandingan di depan kami, dan ini (laga kontra West Ham) bukan kejutan besar," ujar Lampard.

"Anda bermain di Premier League dan Anda bisa membuat kesalahan. Jika Anda mendominasi penguasaan bola tetapi gagal memaksimalkan peluang, maka itu (kekalahan) bisa terjadi," imbuh dia.

"Itu sesuatu yang kami sadari dan kami harus menerimanya sekarang. Sudah selesai, kami akan mengalihkan fokus ke enam pertandingan berikutnya," tutur Lampard menegaskan.

Adapun pada matchday ke-33 Liga Inggris, Chelsea bakal menjamu Watford di Stadion Stamford Bridge, Minggu (5/7/2020) dini hari WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Chelsea
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com