Generasi Emas Persib yang Mengharumkan Nama Indonesia di Turnamen Antarnegara

Kompas.com - 01/07/2020, 21:10 WIB
Para pemain dan ofisial Persib berpose setelah mengalahkan Perseman Manokwari untuk menjadi juara Perserikatan 1986 di Stadion Utama Senayan. DOK TABLOID BOLA/Zaenal EffendiPara pemain dan ofisial Persib berpose setelah mengalahkan Perseman Manokwari untuk menjadi juara Perserikatan 1986 di Stadion Utama Senayan.

BANDUNG, KOMPAS.com - Sejarah mencatat, medio 1980 hingga 1990-an menjadi era kejayaan Persib Bandung di panggung sepak bola nasional.

Dalam kurun waktu tersebut, sebanyak empat gelar juara dalam dua kompetisi berbeda berhasil ditorehkan klub berjulukan Maung Bandung itu.

Tercatat, Persib berhasil menjuarai tiga penyelenggaraan kompetisi Perserikatan 1986, 1989-1990, dan 1993-1994.

Prestasi berlanjut pada keikutsertaan mereka dalam ajang Liga Indonesia I 1994-1995.

Prestasi Persib pada kurun waktu 1980 hingga 1990-an memang mengagumkan.

Namun, kejayaan itu tidak diraih dengan cara instan.

Bahkan, sebelum mencapai era keemasannya, Maung Bandung sempat mengalami keterpurukan hingga terdegradasi ke divisi bawah.

Baca juga: Kilas Balik Persib Vs AC Milan pada 1994, Pujian Capello untuk Gelandang Maung Bandung

Catatan kelam itu terjadi dalam kompetisi Perserikatan musim 1978-1979.

Saat itu, PSSI mulai mengubah format kompetisi, dengan membaginya kedalam berbagai divisi. Sistem promosi dan degradasi pun mulai diberlakukan.

Sayang, Persib gagal bersaing dan harus terdegradasi ke Divisi I. Ironi tersebut tak pelak menjadi tamparan keras bagi para pengurus Persib saat itu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X