Perubahan Taktik yang Membawa Manchester United ke Level Berikut

Kompas.com - 01/07/2020, 15:00 WIB
Gelandang Manchester United, Nemanja Matic, beraksi pada laga Liga Inggris kontra Brighton pada Rabu (1/7/2020) dini hari WIB. AFP/ANDY RAINGelandang Manchester United, Nemanja Matic, beraksi pada laga Liga Inggris kontra Brighton pada Rabu (1/7/2020) dini hari WIB.

KOMPAS.com - Manchester United tampil dominan nan impresif saat mengalahkan Brighton 3-0 pada Rabu (1/7/2020) dini hari WIB.

Gol-gol Mason Greenwood dan Bruno Fernandes (2) membawa Setan Merah meraih tiga poin penuh di laga lanjutan Liga Inggris tersebut.

Ole Gunnar Solskjaer pun mendapat pujian dari pertandingan ini berkat perubahan taktik yang dikatakan Manchester Evening News (MEN), "membawa Manchester United ke level berikutnya".

Solskjaer mendapat pujian karena Man United kini bergeser dari mempunyai dua gelandang bertahan menjadi dua pemain tengah yang menjadi jembatan ke lini depan.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris, Manchester United Dekati Chelsea

Situs Transfermarkt mencatat bahwa Solskjaer memang punya preferensi untuk memakai dua gelandang defensif dalam skema 4-2-3-1 sepanjang 61 pertandingan melatih Man United sejauh ini.

Akan tetapi, pertandingan melawan Brighton menunjukkan skema 4-2-3-1 favorit Solskjaer tersebut berevolusi menjadi lebih ke 4-3-3.

Tugas sebagai gelandang bertahan tunggal kini jatuh ke Nemanja Matic, seorang pemain senior yang dipuji mempunyai "kecerdasan posisi dan kontrol laga".

Kehadiran Matic membuat Paul Pogba dapat bermain lebih dekat dengan Bruno Fernandes.

Efek dari itu adalah Pogba dan Fernandes lebih dekat ke lini depan dan mendominasi 2/3 serangan akhir.

Selain itu, pengambilan posisi tinggi keduanya membuat Manchester United bisa menekan lawan saat mereka membangun serangan.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X