Tim Kiper Arema FC Rajin Latihan Gabungan, Mental Jadi Porsi Utama

Kompas.com - 28/06/2020, 12:50 WIB
Pelatih kiper Arema FC, Felipe Americo (kiri) saat latihan mandiri bersama Kartika Aji (kanan) dan Teguh Amirudin (tengah) selama pandemi virus corona di Lapangan Karanggayam Malang, Jawa Timur , Sabtu (13/06/2020) pagi. KOMPAS.com/Suci RahayuPelatih kiper Arema FC, Felipe Americo (kiri) saat latihan mandiri bersama Kartika Aji (kanan) dan Teguh Amirudin (tengah) selama pandemi virus corona di Lapangan Karanggayam Malang, Jawa Timur , Sabtu (13/06/2020) pagi.

MALANG, KOMPAS.com - Meskipun belum ada instruksi dari tim, penjaga gawang Arema FC mulai rajin menggelar latihan bersama dengan pelatih kiper Felipe Americo.

Latihan ini hanya diikuti oleh penjaga gawang Arema FC. 

Latihan gabungan ini dimanfaatkan Felipe untuk mempersiapkan tim kiper jelang latihan resmi nantinya.

Latihan itu dilakukan untuk memperbaiki dan mengasah kembali mental pemain setelah libur panjang karena kompetisi Liga 1 2020 dihentikan sementara.

"Pemain-pemain sudah mulai bosan dan ingin kembali latihan. Saya bilang kita bisa kembali latihan, tetapi latihan ini tidak ada aspek fisik maupun teknik, hanya mental, termasuk untuk saya," kata pelatih kiper asal Brasil tersebut.

Baca juga: Manajemen Arema FC Klarifikasi Kegaduhan Kontrak Matias Malvino

Felipe Americo memang sengaja banyak menyoroti mental daripada fisik dan teknik karena mental menjadi fondasi dari kesiapan pemain itu sendiri.

Maka dari itu, latihan gabungan ini dimanfaatkan betul untuk memperbaiki mental pemain.

Dengan demikian, ketika latihan resmi sudah digelar, anak asuhnya bisa langsung melahap materi fisik dan teknik.

"Bagi saya, kesiapan mental yang utama, kalau mental mereka bermasalah tentunya pasti mereka banyak melakukan kesalahan, baik dari segi fisik maupun teknik," tutur mantan pelatih kiper Barito Putera .

"Jadi, overthinking. Latihan tetap jalan, tetapi ada masalah di dalam kepala mereka. Kalau seperti itu, pasti mereka tidak akan bisa berlatih dengan bagus. Jadi, mental yang pertama, baru setelah itu teknik dan fisik," katanya.

Baca juga: Pelatih Kiper Arema Terapkan Protokol Kesehatan Ketat Saat Latihan Gabungan

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X