Aji Santoso Buka Suara soal Regulasi U20 Saat Liga 1 Dilanjutkan

Kompas.com - 28/06/2020, 12:15 WIB
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso.

MALANG, KOMPAS.com - Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso menyambut baik wacana penerapan regulasi pemain U20 di kelanjutan Liga 1 2020.

Pelatih asal Malang tersebut tidak keberatan memimpin Persebaya dengan komposisi pemain muda.

Terlebih lagi, regulasi ini berhubungan langsung dengan persiapan timnas Indonesia menyambut Piala Dunia U20 2021 mendatang.

"Saya kira bagus saja. Saya tidak ada masalah. Bagi saya sih memang perlu juga, apalagi mereka akan menghadapi Piala Dunia nanti pada 2021, tentu mereka perlu jam terbang," kata mantan pelatih Persela Lamongan itu.

Sebagai pelatih, Aji Santoso memiliki banyak pengalaman dengan pemain muda. Bahkan, dia digadang-gadang sebagai pelatih spesialis pemain muda di Liga Indonesia.

Baca juga: Renegosiasi Kontrak Diyakini Tidak Akan Jadi Masalah di Persebaya

Pasalnya, banyak pemain muda yang mengorbit dari tangan dirinya. Sebut saja Sadil Ramdani, Hambali Tholib, dan masih banyak lagi.

Karena itu, mantan pelatih Arema FC tersebut sangat kredibel bicara tentang pemain-pemain muda.

Menurut dia, usulan regulasi pemain U20 adalah ide yang sangat brilian. Berdasarkan pengalamannya, hal yang paling dibutuhkan pemain muda adalah kesempatan.

Dengan regulasi ini, pemain bisa mendapatkan garansi jam terbang selama kompetisi.

Baca juga: Pelatih Persebaya Masih Cemas untuk Lanjutkan Kompetisi Liga 1 2020

"Ya menurut saya satu ide yang cukup bagus dan memang biar tumbuh regenerasi pemain-pemain muda. Kalau memang pemain itu memiliki kemampuan yang bagus, hanya masalah jam terbang (kekurangan) mereka-mereka itu," ucapnya.

Selain itu, regulasi ini tidak hanya bisa menjadi sarana persiapan timnas, tetapi juga memupuk bakat pemain-pemain muda lainnya, sekalipun pemain muda tersebut bukan bagian dari timnas. 

"Di Persebaya, banyak pemain muda, ada Rizki Ridho, Koko Ari, dan Supriadi," katanya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X