Persib Bandung dan Kejayaan Timnas Indonesia pada Masa Lampau

Kompas.com - 27/06/2020, 21:00 WIB
Timnas sepak bola Indonesia merayakan keberhasilan meraih medali emas di SEA Games 1991. DOK TABLOID BOLATimnas sepak bola Indonesia merayakan keberhasilan meraih medali emas di SEA Games 1991.

BANDUNG, KOMPAS.com - Indonesia pernah menjelma sebagai salah satu kekuatan besar di kancah sepak bola Asia.

Indonesia merasakan era keemasannya pada medio awal 1960 hingga 1990-an.

Dalam kurun waktu tersebut, setidaknya ada dua era yang dianggap sebagai masa jaya timnas Indonesia.

Pasalnya, sejumlah prestasi berhasil ditorehkan Indoensia, baik di level senior maupun junior.

Tercatat, Indonesia pernah meraih gelar juara dalam ajang Merdeka Games (Malaysia) dan Piala Emas Aga Khan (Bangladesh) pada 1961.

Baca juga: Robert Rene Alberts Ingin Persib Segera Latihan Kolektif di GBLA

Tidak hanya itu, medali emas SEA Games pun pernah dikalungkan kepada para pemain timnas Indonesia dalam dua penyelenggaraan beruntun pada tahun 1987 (Jakarta, Indonesia) dan 1991 (Manila, Filipina).

Soal era keemasan timnas Indonesia, banyak tim turut berkontribusi dalam kesuksesan tersebut, tak terkecuali Persib Bandung.

Bahkan, bila memerhatikan rentang waktu kejayaan timnas Indonesia, sebenarnya sejalan dengan era kejayaan Persib Bandung di pentas nasional.

Hal tersebut membuktikan, bagaimana rekatnya hubungan antara Persib dan PSSI, juga timnas Indonesia. Faktanya, Persib dan PSSI memang memiliki hubungan sejarah yang kental.

Klub berjulukan Maung Bandung itu merupakan salah satu bond atau perserikatan sepak bola yang turut menginisiasi terbentuknya PSSI.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X