Persib Akan Memaksimalkan Fungsi Tim Satelit sebagai Pembinaan

Kompas.com - 27/06/2020, 15:20 WIB
Tim Bandung United, sebelum menghadapi PSPS Riau, di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (2/7/2019). (KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHA) KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHATim Bandung United, sebelum menghadapi PSPS Riau, di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (2/7/2019). (KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHA)

BANDUNG, KOMPAS.com - Persib Bandung akan memanfaatkan tim satelit sebagai wadah pembinaan sepak bola.

Klub berjulukan Maung Bandung itu sudah memiliki Bandung United sebagai tim satelit, yang pada musim ini akan berlaga di Liga 3.

Bandung United sudah eksis sejak musim lalu, di kompetisi Liga 2. Sayangnya, performa klub yang sebelumnya bernama Blitar United itu kurang memuaskan.

Sulit meraih kemenangan, hingga terpuruk di papan bawah dan harus terdegradasi ke Liga 3.

Baca juga: Pelatih Persib Tak Sepakat Penerapan Regulasi U20 di Liga 1

Pelatih Persib Robert Rene Alberts mengatakan, keberadaan Bandung United harus dimanfaatkan dengan baik oleh untuk mematangkan potensi pemain muda yang usianya sudah melewati batas untuk tampil di kompetisi lintas usia.

"Karena di sini juga tidak ada kelanjutan liga untuk pemain muda seperti kompetisi U-23. Sistemnya seharusnya pemain muda yang punya talenta tapi belum bermain di kompetisi strata tertinggi mengembangkan dirinya di Liga 2 dan Liga 3, seperti bermain di tim satelit," kata Robert kepada wartawan.

Menurut Robert, bermain di Liga 2 atau Liga 3, akan memberikan lebih banyak pengalaman bermain kepada mereka.

Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan mentalitas mereka agar bisa bersaing untuk memperebutkan tempat utama di tim senior.

Bisa dibilang, bermain bersama tim satelit di kompetisi strata bawah merupakan proses transisi bagi para pemain muda, dari tampil di tim lintas usia yang orientasinya adalah pembinaan, ke tim senior yang berorientasi pada prestasi.

"Pemain tersebut bisa tampil setiap akhir pekan dan dia bisa mulai memupuk kepercayaan diri, membangun kekuatan dan terbiasa dengan ritme bermain tiap pekan," ungkap Robert.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X