Penjelasan Barter Arthur-Miralem Pjanic yang Bikin Barcelona Untung 1 Triliun Rupiah

Kompas.com - 25/06/2020, 21:00 WIB
Arthur Melo saat diperkenalkan sebagai pemain baru Barcelona PAU BARRENA / AFPArthur Melo saat diperkenalkan sebagai pemain baru Barcelona

KOMPAS.com - Barcelona dan Juventus di ajang melakukan barter dua gelandang, Miralem Pjanic serta Arthur Melo.

Barcelona akan melepas Arthur (23 tahun) senilai 80 juta euro sementara kubu Camp Nou bakal mendatangkan Miralem Pjanic (30 tahun) senilai 70 juta euro.

Barcelona memerlukan transfer barter ini terwujud sebelum 30 Juni 2020 agar menyeimbangkan neraca di laporan keuangan mereka.

Selisih 10 juta euro dari transaksi tersebut seharusnya tak berarti banyak bagi kubu Camp Nou.

Namun, di laporan keuangan klub, Barcelona akan mendapatkan surplus hingga 60 juta euro alias sekitar 1 triliun rupiah.

Loh, kok?

Hal ini dijelaskan lebih lanjut oleh akun @SwissRamble yang spesialis membahas sisi keuangan di sepak bola.

Baca juga: Halangan di Rencana Barter Arthur-Pjanic bagi Juventus dan Barcelona

Kendati sedikit rumit, hal fundamentalnya ada satu:

"Ketika suatu klub membeli pemain, biaya pengeluaran klub tersebut disebar ke beberapa tahun ke depan. Namun, keuntungan dari penjualan pemain akan langsung masuk ke neraca keuangan," cuitnya.

"Klub sepak bola menganggap pemain sebagai aset, sehingga mereka tidak langsung mengeluarkan biaya di tahun pemain itu dibeli tetapi dipecah sesuai panjang kontrak sang pemain lewat amortisasi (penurunan atau pengurangan nilai aktiva tak berwujud)."

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X