Penghormatan Ini Paling Sering di Liga Inggris

Kompas.com - 24/06/2020, 21:07 WIB
Jersey klub Liga Premier Inggris, Sheffield United dengan tulisan Black Lives Matter. Twitter @premierleagueJersey klub Liga Premier Inggris, Sheffield United dengan tulisan Black Lives Matter.

LONDON, KOMPAS.com - Liga Inggris yang bergulir kembali usai penundaan empat bulan lantaran corona menyimpan catatan perilaku baru tersendiri.

Sedikitnya, ada satu hal menarik pada setiap laga yang digelar di stadion tanpa disaksikan langsung penonton itu.

Baca juga: Digendong Pria Kulit Hitam Saat Demo Black Lives Matter, Ternyata Pria Kulit Putih Ini Mantan Polisi

Liga Inggris mulai bergulir sejak Rabu (17/6/2020).

Para pemain Aston Villa dan Sheffield United mengenakan jersey Black Lives Matter sebagai bentuk solidaritas terhadap kematian George Floyd beberapa waktu lalu. Jersey ini juga digunakan untuk memberikan pesan terima kasih kepada National Health Service (NHS).Twitter @premierleague Para pemain Aston Villa dan Sheffield United mengenakan jersey Black Lives Matter sebagai bentuk solidaritas terhadap kematian George Floyd beberapa waktu lalu. Jersey ini juga digunakan untuk memberikan pesan terima kasih kepada National Health Service (NHS).

"Paling sering dilakukan dalam Liga Inggris saat ini adalah penghormatan berlutut satu kaki," kata warta laman AFP.

Penghormatan berlutut satu kaki erat kaitannya dengan kampanye anti-rasiaisme di di Liga Inggis.

Jersey klub Liga Premier Inggris, Arsenal dengan tulisan Black Lives Matter dan NHS (National Health Service).Twitter @premierleague Jersey klub Liga Premier Inggris, Arsenal dengan tulisan Black Lives Matter dan NHS (National Health Service).

Hal itu memang berhubungan dengan tewasnya warga kulit hitam George Flyod yang dibunuh polisi kulit putih di AS beberapa waktu lalu.

Penghormatan berlutut satu kaki ini bahkan dilakukan tak hanya oleh pemain.

David de Gea sebelum laga Tottenham vs Manchester United, Sabtu (20/6/2020) dini hari WIB.SHAUN BOTTERILL / GETTY IMAGES EUROPE / GETTY IMAGES VIA AFP David de Gea sebelum laga Tottenham vs Manchester United, Sabtu (20/6/2020) dini hari WIB.

"Tim pelatih, staf, dan wasit melakukan hal itu, telebih saat laga Aston Villa melawan Sheffield United," kata media itu.

Kemudian, pada bagian jersey klub, ada tambahan tulisan "Black Lives Matter" sebagai penghormatan.

Pesawat White Lives Matter Burnley saat laga Manchester City vs Burnley.MANCHESTER EVENING NEWS Pesawat White Lives Matter Burnley saat laga Manchester City vs Burnley.

Namun begitu, aksi itu seakan mendapatkan penentangan saat laga Manchester United melawan Burnley.

Di atas stadion, melintas pesawat terbang yang membawa spanduk dengan deretan tulisan "White Lives Matter".



Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X