Fakhri Husaini Sebut Buruknya Prestasi Timnas Indonesia Bukan Cuma Beban PSSI

Kompas.com - 24/06/2020, 13:00 WIB
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini saat press conference sebelum melawan Iran. PSSIPelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini saat press conference sebelum melawan Iran.
|

KOMPAS.com – Mantan pelatih Timnas U-19 Indonesia, Fakhri Husaini, menilai PSSI tak sepenuhnya harus disalahkan atas buruknya prestasi timnas Indonesia.

Peringkat Timnas Indonesia dalam satu dekade terus mengalami penurunan hingga anjlok ke peringkat 173 ranking FIFA.

Posisi timnas Indonesia yang terjun bebas dari semula berada masuk di 150 besar disebabkan lima kekalahan beruntun dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Selain itu, timnas Indonesia kesulitan untuk berprestasi di turnamen internasional, bahkan setingkat ASEAN.

Baca juga: Fakhri Husaini Bicara soal Permasalahan Timnas Indonesia

Prestasi terbaik timnas Indonesia di tingkat ASEAN dalam 10 tahun terakhir adalah menjadi runner-up Piala AFF 2010 dan 2016.

PSSI kemdian banyak disalahkan atas penurunan peringkat timnas Indonesia di ranking FIFA karena dianggap tak jelas untuk membuat program pembangunan timnas Indonesia.

Apalagi dalam satu dekade juga PSSI lebih sering berkutat kepada masalah internal sehingga dinilai kurang mengurusi nasib timnas Indonesia.

Namun, Fakhri Husaini punya pandangan berbeda terkait kinerja PSSI yang dinilai buruk.

Menurutnya, prestasi buruk sepak bola nasional tidak menjadi tanggung jawab PSSI sepenuhnya.

Baca juga: Baru Jadi Pelatih PON Aceh, Fakhri Husaini Kini Disebut Bisa Gantikan Shin Tae-yong

Fakhri berpendapat bahwa wajah sepak bola Indonesia kini dibentuk juga oleh seluruh pihak yang terlibat dalam pembangunan sepak bola Indonesia.

Halaman:


Sumber BolaSport
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X