Alasan Masih Pentingnya Protokol Kesehatan Covid-19

Kompas.com - 23/06/2020, 17:29 WIB
Gelandang Real Madrid James Rodriguez (kiri) dijaga gelandang Real Sociedad Igor Zubeldia dalam pertandingan Liga Spanyol antara Real Sociedad vs Real Madrid di Stadion Reale Arena-Anoeta di San Sebastian pada 21 Juni 2020. AFP/ANDER GILLENEAGelandang Real Madrid James Rodriguez (kiri) dijaga gelandang Real Sociedad Igor Zubeldia dalam pertandingan Liga Spanyol antara Real Sociedad vs Real Madrid di Stadion Reale Arena-Anoeta di San Sebastian pada 21 Juni 2020.

MADRID, KOMPAS.com - Protokol 15 halaman pencegahan Covid-19, kata perwakilan otoritas kesehatan Spanyol Irene Lozano menjadi alasan penting.

Lionel Messi saat bertanding dalam laga Liga Spanyol pekan ke-28 melawan Real Mallorca di Estadio de Son Moix, Minggu (14/6/2020) dini hari WIB. AFP/JAIME REINA Lionel Messi saat bertanding dalam laga Liga Spanyol pekan ke-28 melawan Real Mallorca di Estadio de Son Moix, Minggu (14/6/2020) dini hari WIB.

"Protokol menjadi panduan bagi berputar kembalinya La Liga," kata Irene Lozano.

Gelandang Atletico Madrid, Thomas Partey (C) jatuh saat pertandingan sepak bola Liga Spanyol antara Athletic Club Bilbao dan Club Atletico de Madrid di Bilbao pada 14 Juni, 2020. (Photo by ANDER GILLENEA / AFP)AFP/ANDER GILLENEA Gelandang Atletico Madrid, Thomas Partey (C) jatuh saat pertandingan sepak bola Liga Spanyol antara Athletic Club Bilbao dan Club Atletico de Madrid di Bilbao pada 14 Juni, 2020. (Photo by ANDER GILLENEA / AFP)

Baca juga: Benar Mau Nonton Langsung La Liga di Stadion? Ini Tata Caranya

Salah satu isi protokol itu adalah laga yang dilaksanakan di stadion tanpa disaksikan langsung penonton.

Pemain depan Espanyol Wu Lei mengontrol bola selama pertandingan Grup H Liga Eropa UEFA RCD Espanyol melawan Ferencvaros di Stadion RCDE di Cornella de Llobregat pada 19 September 2019.AFP/JOSEP LAGO Pemain depan Espanyol Wu Lei mengontrol bola selama pertandingan Grup H Liga Eropa UEFA RCD Espanyol melawan Ferencvaros di Stadion RCDE di Cornella de Llobregat pada 19 September 2019.

Di samping itu, perlengkapan pelindung mulai dari masker wajah dan pelindung wajah transparan wajib dikenakan setiap orang.

Gelandang Villarreal Bruno Soriano (kiri) merayakan setelah mencetak gol pertama timnya selama pertandingan sepak bola liga Spanyol antara SD Eibar dan Villarreal CF di stadion Ipurua di Eibar pada 30 OktoberANDER GILLENEA Gelandang Villarreal Bruno Soriano (kiri) merayakan setelah mencetak gol pertama timnya selama pertandingan sepak bola liga Spanyol antara SD Eibar dan Villarreal CF di stadion Ipurua di Eibar pada 30 Oktober

"Penonton yang masuk ke stadion harus melalui pemeriksaan suhu tubuh," demikian salah satu isi protokol tersebut.

Insiden yang terjadi pada laga Sevilla vs Barcelona di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan dalam lanjutan pekan ke-30 LaLiga, kasta teratas Liga Spanyol, Jumat 19 Juni 2020.AFP/ CRISTINA QUICLER Insiden yang terjadi pada laga Sevilla vs Barcelona di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan dalam lanjutan pekan ke-30 LaLiga, kasta teratas Liga Spanyol, Jumat 19 Juni 2020.

Penonton dengan suhu tubuh 37,5 derajat Celcius atau lebih tidak diizinkan masuk stadion.

Karim Benzema (kanan) merayakan gol bersama rekan satu timnya pada laga Real Sociedad vs Real Madrid di Stadion Reale Arena dalam lanutan pekan ke-30 LaLiga, kasta teratas Liga Spanyol, Minggu 21 Juni 2020.AFP/ ANDER GILLENEA Karim Benzema (kanan) merayakan gol bersama rekan satu timnya pada laga Real Sociedad vs Real Madrid di Stadion Reale Arena dalam lanutan pekan ke-30 LaLiga, kasta teratas Liga Spanyol, Minggu 21 Juni 2020.

Protokol itu juga mengatur bahwa penonton wajib menggunakan masker wajah dan pelindung wajah.

Vitolo (kiri kedua) merayakan gol bersama rekan satu timnya pada laga Atletico Madrid vs Real Valladolid di Stadion Wanda Metropolitani dalam lanjutan pekan ke-30 LaLiga, kasta teratas Liga Spanyol, Sabtu 19 Juni 2020.AFP/ JAVIER SORIANO Vitolo (kiri kedua) merayakan gol bersama rekan satu timnya pada laga Atletico Madrid vs Real Valladolid di Stadion Wanda Metropolitani dalam lanjutan pekan ke-30 LaLiga, kasta teratas Liga Spanyol, Sabtu 19 Juni 2020.

"Penonton dilarang saling berpelukan atau saling beradu telapak tangan dengan lima jari ke atas (high-five) antar-mereka," kata protokol itu.

Aksi dukungan Diego Costa terhadap gelandang tim wanita Atletico Madrid setelah berhasil membobol gawang Bilbao dalam lanjutan pekan ke-28 La Liga, Minggu (14/6/2020) malam WIB.AFP/ANDER GILLENEA Aksi dukungan Diego Costa terhadap gelandang tim wanita Atletico Madrid setelah berhasil membobol gawang Bilbao dalam lanjutan pekan ke-28 La Liga, Minggu (14/6/2020) malam WIB.

Kesehatan

Ilustrasi corona virus (Covid-19)shutterstock Ilustrasi corona virus (Covid-19)

Upaya menjaga kesehatan dengan mengurangi penyebaran virus corona dilakukan di banyak negara, termasuk Indonesia.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X