Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Masih Pentingnya Protokol Kesehatan Covid-19

Kompas.com - 23/06/2020, 17:29 WIB
Josephus Primus

Penulis

MADRID, KOMPAS.com - Protokol 15 halaman pencegahan Covid-19, kata perwakilan otoritas kesehatan Spanyol Irene Lozano menjadi alasan penting.

Lionel Messi saat bertanding dalam laga Liga Spanyol pekan ke-28 melawan Real Mallorca di Estadio de Son Moix, Minggu (14/6/2020) dini hari WIB. AFP/JAIME REINA Lionel Messi saat bertanding dalam laga Liga Spanyol pekan ke-28 melawan Real Mallorca di Estadio de Son Moix, Minggu (14/6/2020) dini hari WIB.

"Protokol menjadi panduan bagi berputar kembalinya La Liga," kata Irene Lozano.

Gelandang Atletico Madrid, Thomas Partey (C) jatuh saat pertandingan sepak bola Liga Spanyol antara Athletic Club Bilbao dan Club Atletico de Madrid di Bilbao pada 14 Juni, 2020. (Photo by ANDER GILLENEA / AFP)AFP/ANDER GILLENEA Gelandang Atletico Madrid, Thomas Partey (C) jatuh saat pertandingan sepak bola Liga Spanyol antara Athletic Club Bilbao dan Club Atletico de Madrid di Bilbao pada 14 Juni, 2020. (Photo by ANDER GILLENEA / AFP)

Baca juga: Benar Mau Nonton Langsung La Liga di Stadion? Ini Tata Caranya

Salah satu isi protokol itu adalah laga yang dilaksanakan di stadion tanpa disaksikan langsung penonton.

Pemain depan Espanyol Wu Lei mengontrol bola selama pertandingan Grup H Liga Eropa UEFA RCD Espanyol melawan Ferencvaros di Stadion RCDE di Cornella de Llobregat pada 19 September 2019.AFP/JOSEP LAGO Pemain depan Espanyol Wu Lei mengontrol bola selama pertandingan Grup H Liga Eropa UEFA RCD Espanyol melawan Ferencvaros di Stadion RCDE di Cornella de Llobregat pada 19 September 2019.

Di samping itu, perlengkapan pelindung mulai dari masker wajah dan pelindung wajah transparan wajib dikenakan setiap orang.

Gelandang Villarreal Bruno Soriano (kiri) merayakan setelah mencetak gol pertama timnya selama pertandingan sepak bola liga Spanyol antara SD Eibar dan Villarreal CF di stadion Ipurua di Eibar pada 30 OktoberANDER GILLENEA Gelandang Villarreal Bruno Soriano (kiri) merayakan setelah mencetak gol pertama timnya selama pertandingan sepak bola liga Spanyol antara SD Eibar dan Villarreal CF di stadion Ipurua di Eibar pada 30 Oktober

"Penonton yang masuk ke stadion harus melalui pemeriksaan suhu tubuh," demikian salah satu isi protokol tersebut.

Insiden yang terjadi pada laga Sevilla vs Barcelona di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan dalam lanjutan pekan ke-30 LaLiga, kasta teratas Liga Spanyol, Jumat 19 Juni 2020.AFP/ CRISTINA QUICLER Insiden yang terjadi pada laga Sevilla vs Barcelona di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan dalam lanjutan pekan ke-30 LaLiga, kasta teratas Liga Spanyol, Jumat 19 Juni 2020.

Penonton dengan suhu tubuh 37,5 derajat Celcius atau lebih tidak diizinkan masuk stadion.

Karim Benzema (kanan) merayakan gol bersama rekan satu timnya pada laga Real Sociedad vs Real Madrid di Stadion Reale Arena dalam lanutan pekan ke-30 LaLiga, kasta teratas Liga Spanyol, Minggu 21 Juni 2020.AFP/ ANDER GILLENEA Karim Benzema (kanan) merayakan gol bersama rekan satu timnya pada laga Real Sociedad vs Real Madrid di Stadion Reale Arena dalam lanutan pekan ke-30 LaLiga, kasta teratas Liga Spanyol, Minggu 21 Juni 2020.

Protokol itu juga mengatur bahwa penonton wajib menggunakan masker wajah dan pelindung wajah.

Vitolo (kiri kedua) merayakan gol bersama rekan satu timnya pada laga Atletico Madrid vs Real Valladolid di Stadion Wanda Metropolitani dalam lanjutan pekan ke-30 LaLiga, kasta teratas Liga Spanyol, Sabtu 19 Juni 2020.AFP/ JAVIER SORIANO Vitolo (kiri kedua) merayakan gol bersama rekan satu timnya pada laga Atletico Madrid vs Real Valladolid di Stadion Wanda Metropolitani dalam lanjutan pekan ke-30 LaLiga, kasta teratas Liga Spanyol, Sabtu 19 Juni 2020.

"Penonton dilarang saling berpelukan atau saling beradu telapak tangan dengan lima jari ke atas (high-five) antar-mereka," kata protokol itu.

Aksi dukungan Diego Costa terhadap gelandang tim wanita Atletico Madrid setelah berhasil membobol gawang Bilbao dalam lanjutan pekan ke-28 La Liga, Minggu (14/6/2020) malam WIB.AFP/ANDER GILLENEA Aksi dukungan Diego Costa terhadap gelandang tim wanita Atletico Madrid setelah berhasil membobol gawang Bilbao dalam lanjutan pekan ke-28 La Liga, Minggu (14/6/2020) malam WIB.

Kesehatan

Ilustrasi corona virus (Covid-19)shutterstock Ilustrasi corona virus (Covid-19)

Upaya menjaga kesehatan dengan mengurangi penyebaran virus corona dilakukan di banyak negara, termasuk Indonesia.

Selain masyarakat kebanyakan, tenaga medis yang berada di garis terdepan mendapat perhatian secara lebih.

Ilustrasi Shutterstock Ilustrasi

"Kami ikut membantu tenaga medis menjaga kesehatan," kata Ketua
Kamar Dagang dan Industri Indonesia Komite Tetap Timur Tengah dan Organisasi Konferensi Islam (Kadin KT3-OKI), Fachry Thaib dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Foto ilustrasi antiseptik cair untuk tangan.Kompas.com/Josephus Primus Foto ilustrasi antiseptik cair untuk tangan.

Fachry mengatakan, dalam kesempatan itu, pihaknya bersama korps diplomatik negara-negara Arab menyerahkan sumbangan untuk membantu penanggulangan wabah Covid-19 kepada tiga rumah sakit di Jakarta yaitu RSUD Cengkareng, RSUD Pasar Minggu dan RS Islam Jakarta.

Sumbangan itu berupa vitamin, madu, masker, hand sanitizer, dan disinfektan.

,SHUTTERSTOCK ,

Ia mengatakan, bantuan tersebut diserahkan Wakil Ketua Mohamad Bawazeer atas nama KT3-OKI dan Duta Besar Kesultanan Oman M. H. Nazar Al Said selaku Ketua Korps Diplomatik Negara-Negara Arab.

Sedangkan sumbangan kepada RSUD Cengkareng dan Pasar Minggu, jelas Fachry, telah dlserahkan sehari sebelumnya oleh Wakil Ketua KT3-OKI Mufti Hamka Hasan.

Ilustrasi dokter yang menangani pasien virus corona: Seorang dokter di China, Zhang Ru  (29) sedang tertidur bersandar tembok setelah bekerja selama 20 jam berturut-turut.The Paper Ilustrasi dokter yang menangani pasien virus corona: Seorang dokter di China, Zhang Ru (29) sedang tertidur bersandar tembok setelah bekerja selama 20 jam berturut-turut.

Sejak Covid-19 mulai mewabah di Indonesia, Fachry mengatakan, KT3-OKI telah beberapa kali melakukan aksi-aksi sosial.

"KT3-OKI akan terus melakukan aksi-aski sosial lainnya dalam rangka penyediaan kelengkapan-kelengkapan supplemen kesehatan untuk para tenaga medis yang bertugas di rumah sakit di wilayah Jakarta," janjinya.

Kadin KT3-OKI bersama korps diplomatik negara-negara Arab menyerahkan sumbangan untuk membantu penanggulangan wabah Covid-19 kepada tiga rumah sakit di Jakarta.KT3-OKI Kadin KT3-OKI bersama korps diplomatik negara-negara Arab menyerahkan sumbangan untuk membantu penanggulangan wabah Covid-19 kepada tiga rumah sakit di Jakarta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com