Soal Pencapaian di Inggris, Klopp Dinilai Sudah Lebihi Guardiola

Kompas.com - 22/06/2020, 07:00 WIB
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, memberi instruksi kepada para pemainnya pada pertandingan Liverpool vs Man City dalam Community Shield 2019 di Stadion Wembley, 4 Agustus 2019. AFP/IAN KINGTONPelatih Manchester City, Pep Guardiola, memberi instruksi kepada para pemainnya pada pertandingan Liverpool vs Man City dalam Community Shield 2019 di Stadion Wembley, 4 Agustus 2019.

KOMPAS.com - Mantan pemain Liverpool, Stan Collymore, menyebut pencapaian Juergen Klopp di Inggris sudah melebihi Pep Guardiola.

Seperti yang diketahui, Pep Guardiola dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik saat ini karena keberhasilannya mempersembahkan sejumlah trofi besar di klub-klub yang dilatihnya.

Dimulai dari Barcelona, selama empat tahun masa kepelatihannya pada 2008-2012, Guardiola sukses mempersembahkan 14 trofi.

Pep Guardiola melebarkan sayapnya ke Liga Jerman dengan melatih Bayern Muenchen pada 2013-2016 dan mempersembahkan tujuh trofi, termasuk tiga gelar beruntun Liga Jerman.

Baca juga: Juergen Klopp: Liverpool Tak Mungkin Ulangi Dominasi Man United di Liga Inggris

Setelah menjalani musim-musim gemilang di Spanyol dan Jerman, Guardiola pun mengulang kesuksesannya saat hijrah ke Inggris pada 2016.

Bersama Manchester City, Pep Guardiola sejauh ini juga telah meraih tujuh trofi termasuk dua titel juara Liga Inggris musim 2017-18 dan 2018-19.

Serupa dengan Pep Guardiola, Juergen Klopp tiba di Inggris pada 2015 dengan reputasi yang bagus setelah melatih Borussia Dortmund. Klopp membantu Dortmund meraih juara Bundesliga pada musim 2010-11 dan 2011-12.

Juergen Klopp pun secara bertahap membawa perubahan di tubuh Liverpool.

Tahun lalu, pelatih asal Jerman ini berhasil mengantarkan Liverpool meraih tiga titel juara yakni Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Stan Collymore pun menilai Juergen Klopp memiliki dampak yang lebih besar di Anfield daripada yang dilakukan Guardiola di Etihad.

Halaman:


Sumber GOAL
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X