Ultah Jokowi dan Kedekatan Sang Presiden dengan Sepak Bola Indonesia

Kompas.com - 21/06/2020, 12:10 WIB
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) berbincang dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) disela-sela menyaksikan laga persahabatan antara Indonesia melawan Islandia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (14/1). Pertandingan tersebut menandai peresmian renovasi SUGBK yang dipersiapkan untuk menyambut Asian Games XVIII Agustus mendatang. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc/18. PUSPA PERWITASARIPresiden Joko Widodo (kedua kanan) berbincang dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) disela-sela menyaksikan laga persahabatan antara Indonesia melawan Islandia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (14/1). Pertandingan tersebut menandai peresmian renovasi SUGBK yang dipersiapkan untuk menyambut Asian Games XVIII Agustus mendatang. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc/18.

KOMPAS.com - Presiden ketujuh Republik Indonesia, Joko Widodo, menaruh perhatian yang cukup besar terhadap sepak bola Indonesia sepanjang masa kepemimpinannya.

Bertepatan dengan ulang tahun Jokowi yang ke-59, Minggu (21/6/2020), Kompas.com mencoba merangkum beberapa momen kala sosok asal Surakarta itu bersinggungan dengan sepak bola.

Pada awal kepemimpinannya, Jokowi dihadapkan dengan ujian tidak mudah. Sepak bola Indonesia di ambang mendapatkan sanksi dari FIFA.

FIFA mencabut keanggotaan PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia pada 30 April 2015 atau enam bulan setelah Jokowi dilantik menjadi presiden.

Akibat sanksi itu, timnas dan klub Indonesia dilarang mengikuti kompetisi internasional di bawah naungan FIFA dan AFC.

FIFA menjatuhkan sanksi karena menilai PSSI sudah diintervensi pemerintah melalui Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Kemenpora terlebih dahulu membekukan PSSI 13 hari sebelum sanksi FIFA dijatuhkan.

Kemenpora membekukan PSSI karena tidak memperdulikan peringatan dari dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) soal dualisme klub peserta Liga Indonesia 2015.

Dalam pernyataannya, Jokowi tidak mempermasalahkan sanksi berat yang diberikan FIFA.

Baca juga: Pemain Timnas U16 Indonesia Pernah Pecahkan Foto Presiden Jokowi

Jokowi saat itu justru menilai sanksi FIFA bisa menjadi momen perbaikan sepak bola Indonesia jika orang-orang yang berkecimpung di dalamnya serius berbenah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Kompas.com
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X