Kompas.com - 20/06/2020, 07:00 WIB
Pelatih timnas u23 Indonesia, Indra Sjafri mendampingi anak asuhnya di laga SEA Games 2019 Grup B antara timnas u23 Indonesia vs Laos di Stadion Imus, Filipina, Kamis (5/12/2019). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPelatih timnas u23 Indonesia, Indra Sjafri mendampingi anak asuhnya di laga SEA Games 2019 Grup B antara timnas u23 Indonesia vs Laos di Stadion Imus, Filipina, Kamis (5/12/2019).

KOMPAS.com - Seorang pemain harus memiliki empat parameter untuk bisa masuk timnas Indonesia, demikian menurut Indra Sjafri.

Pria yang saat ini menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI itu menghabiskan hampir seluruh kariernya sebagai pelatih timnas Indonesia.

Indra Sjafri tercatat baru satu kali melatih klub yakni Bali United pada 2015-2016.

Berdasarkan pengalamannya melatih timnas Indonesia berbagai kelompok usia, Indra Sjafri mengungkapkan empat parameter yang harus dimiliki seorang pemain untuk masuk ke timnas Indonesia.

Baca juga: Indra Sjafri Ikut Bantu Satgas Persiapan Timnas Indonesia Piala Dunia U-20

Empat parameter yang dimaksud meliputi kemampuan taktikal dan kecerdasan sepak bola, fisik, dan mental.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Hampir semua pelatih yang dilihat pertama skill, kedua kemampuan taktikal dan kecerdasan sepak bola, ketiga fisik secara keseluruhan, empat mental," ucap Indra Sjafri yang dilansir dari Youtube Hanif & Rendy Show.

"Empat-empatnya harus jadi parameter, ukuran tingkat nasional, pemain level seperti apa yang bisa masuk tim nasional," ucap dia.

Menurut Indra, keempat parameter itu kadang-kadang belum diketahui oleh banyak pihak, termasuk juga pelatih itu sendiri.

Maka dari itu, tidak mengherankan apabila seorang pelatih timnas Indonesia mendapat banyak kritikan karena tidak memasukkan pemain-pemain tertentu dalam skuadnya.

"Kadang-kadang para pelatih banyak diprotes oleh para pelatih klub atau orang tua atau netizen, kenapa pemain ini masuk, kenapa yang ini enggak masuk."

Halaman:


Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.