Timnas U-16 Indonesia Masuk Grup 'Neraka', Bima Sakti Tetap Optimistis

Kompas.com - 18/06/2020, 21:00 WIB
Pelatih Timnas U16 Indonesia, Bima Sakti, bereaksi seusai ujicoba melawan tim juara Soreatin U17 2019, PSBK Blitar, yang berakhir dengan skor 5-1 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (23/01/2020) sore. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPelatih Timnas U16 Indonesia, Bima Sakti, bereaksi seusai ujicoba melawan tim juara Soreatin U17 2019, PSBK Blitar, yang berakhir dengan skor 5-1 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (23/01/2020) sore.

KOMPAS.com - Pelatih tim nasional U-16 Indonesia, Bima Sakti, mengaku optimistis timnya bisa meraih hasil maksimal kendati masuk ke grup 'neraka'.

Melansir situs resmi PSSI, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah melakukan undian pembagian grup Piala Asia U-16 yang dilakukan di Kantor AFC, Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (18/6/2020).

Hasilnya, Indonesia berada di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan China di ajang Piala Asia U-16 yang akan dihelat di Bahrain pada 25 November-12 Desember 2020.

Skuad Garuda Muda bisa dipastikan akan menghadapi perjalanan terjal di ajang Piala Asia U-16. Sebab, ketiga negara tersebut sudah pernah merasakan gelar juara.

Baca juga: Hasil Undian Piala Asia U-19, Indonesia Satu Grup dengan Tuan Rumah

Pada gelaran Piala Asia U-16 tahun ini, Jepang berstatus sebagai juara bertahan. Pada edisi sebelumnya, Jepang menjuarai Piala Asia U-16 di Malaysia setelah mengalahkan Tajikistan di partai final.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun Arab Saudi dan China juga pernah merasakan titel kampiun Piala Asia U-16.

Arab Saudi menjuarai kompetisi ini pada edisi 1985 dan 1988, sedangkan China merasakan gelar juara pada tahun 1992 dan 2004.

Kendati demikian, Bima Sakti tetap optimisis dengan kans timnya ke depan. Dia menyebut bahwa semua tim di Grup D merupakan skuad yang kuat.

Baca juga: PSSI Minta Bantuan Kemenpora untuk Gelar TC Timnas Indonesia di Jakarta

"Kami tetap semangat dan yakin meraih hasil terbaik di ajang Piala AFC U-16 2020 mendatang," kata Bima Sakti dilansir laman resmi PSSI.

"Sekarang yang penting kami persiapkan mental, taktik, dan strategi untuk menghadapi tiga lawan kami di Grup D," ujarnya melanjutkan.

Sementara itu, empat tim yang nantinya melaju ke semifinal Piala Asia U-16 akan lolos ke Piala Dunia U-17 2021 di Peru.

Adapun timnas U-16 Indonesia saat ini sedang menjalani pemusatan latihan secara virtual mengingat kondisi yang belum memungkinkan karena virus corona.



Sumber PSSI
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.