Kendati Tengah Kecewa, Shin Tae-yong Tetap Ingin Ada dalam Sejarah Sepak Bola Indonesia

Kompas.com - 18/06/2020, 12:50 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan instruksi saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020). Sebanyak 51 pesepak bola hadir mengikuti seleksi pemain Timnas U-19 yang kemudian akan dipilih 30 nama untuk mengikuti pemusatan latihan di Thailand. ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK APelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan instruksi saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020). Sebanyak 51 pesepak bola hadir mengikuti seleksi pemain Timnas U-19 yang kemudian akan dipilih 30 nama untuk mengikuti pemusatan latihan di Thailand.

KOMPAS.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan wawancara blak-blakan kepada media asal Korea Selatan, Naver Sports, pada medio pekan ini.

Shin Tae-yong mulai menjabat sebagai pelatih timnas Indonesia sejak Januari 2020.

Ia mengaku terbujuk oleh prospek Indonesia bermain sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2021 dan juga janji dari PSSI untuk memberikannya dukungan penuh menukangi timnas U20, U23, dan timnas senior.

Kendati sempat melatih beberapa bulan dan mengadakan training camp (TC) di Thailand, program timnas Indonesia di semua kategori umur berhenti seiring dengan adanya pandemi virus corona.

Pada saat inilah Shin Tae-yong mengajukan beberapa pergeseran di program timnas, antara lain mengadakan TC di Korea Selatan pada 1 Juli 2020 untuk meningkatkan kondisi fisik dan menemui kualitas lawan lebih baik.

"Saat ini kita tidak bisa melawan tim-tim kuat level atas di Indonesia seiring kondisi Covid-19 yang semakin parah. Jadi, TC di luar negeri dapat membantu pola konsumsi dan physical conditioning pemain selama masa karantina," ujarnya saat ditemui Naver Sports di area Gangnam, Seoul, Rabu (17/6/2020).

"Baru kita mengadakan TC kembali di Indonesia pada awal September."

Akan tetapi, PSSI dikabarkan berniat menggelar TC timnas Indonesia di Jakarta, tepatnya di Lapangan ABC Senayan dan Stadion Madya.

Baca juga: Soal Tempat TC Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Tak Sejalan dengan PSSI

Shin Tae-yong mengatakan bahwa "sikap PSSI berubah, padahal di awal dijanjikan dikasih dukungan penuh".

Ia enggan mengungkapkan lebih jauh kepada Naver Sports soal perubahan sikap seperti apa yang dimaksud, tetapi sang pelatih juga berbicara soal isu transparansi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X