13 Juni 1956, Final Edisi Perdana Piala Champions

Kompas.com - 13/06/2020, 13:50 WIB
Final Piala Champions pertama yang bergulir pada 13 Juni 1956. UEFAFinal Piala Champions pertama yang bergulir pada 13 Juni 1956.

KOMPAS.com - Sejarah Liga Champions terjadi hari ini pada 1956. Pertandingan final Piala Champions (versi sebelum Liga Champions) pertama bergulir pada 13 Juni 1956.

Pertandingan final Piala Champions edisi pertama itu dimainkan di Stadion Parc des Princes, Paris, dan mempertemukan Real Madrid vs Stade de Reims.

Disadur dari situs resmi UEFA, Piala Champions AntarKlub Eropa merupakan buah pemikiran Gabriel Hanot, Pemimpin Redaksi L'Equipe, salah satu koran olahraga terbesar di Perancis.

Pada Desember 1954, ia mengusulkan agar dibentuk suatu turnamen antarklub Eropa.

Ide ini disambut dengan baik oleh UEFA dan kompetisi tersebut bergulir mulai September 1955.

Sebanyak 16 tim berpartisipasi, sebagian lewat undangan, termasuk tujuh juara kompetisi nasional masing-masing negara.

Baca juga: Final Liga Champions Bisa Bergulir di Rumah Pertama Cristiano Ronaldo

Beberapa tim yang ikut serta ketika itu adalah Sporting CP (Portugal), Real Madrid (Spanyol), Stade de Reeims (Perancis), Servette (Swiss), Hibernian (Skotlandia), AC Milan (Italia), AGF Aarhus (Denmark), Rot-Weiss Essen (Jerman Barat), dan Voros Lobogo (Hungaria).

Situs UEFA juga mencatat bahwa tak ada wakil Inggris yang berpartisipasi setelah Hanot kecewa dengan klaim Wolverhamptwon Wanderers sebagai tim terbaik di Eropa setelah mengalahkan Kispest Honved FC dan Spartak Moskow pada serangkaian laga persahabatan.

Real Madrid akhirnya berhak tampil di final Piala Champions perdana setelah mengalahkan Servette, Partizan Belgrade, dan AC Milan.

Sementara, Reims mengalahkan Aarhus, Voros Lobogo, dan Hibernian.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X