Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liga Inggris, "Black Lives Matter" Terpampang di 12 Laga

Kompas.com - 13/06/2020, 11:18 WIB
Josephus Primus

Penulis

Sumber FirstPost

LONDON, KOMPAS.com - Sebagai bentuk penghormatan akan kesetaraan, Liga Inggris akan menempatkan rangkaian kata "Black Lives Matter" (BLM) di jersey bagian punggung pemain.

Kata-kata itu, sementara waktu menggantikan nama pemain yang biasanya tertera di bagian tersebut.

"Kata-kata itu akan terpampang di 12 laga pertama kelanjutan kompetisi Liga Inggris," kata pernyataan Liga Inggris.

Baca juga: Al Qaeda Coba Tumpangi Protes Black Lives Matter

Menurut rencana, Liga Inggris kembali bergulir pada Rabu (17/6/2020).

Suasana laga persahabatan Liverpool vs Blackburn Rovers pada Jumat (12/6/2020) dini hari WIB.TWITTER.com/LFC Suasana laga persahabatan Liverpool vs Blackburn Rovers pada Jumat (12/6/2020) dini hari WIB.

Sementara, kata-kata tersebut akan terpampang hingga 26 Juli 2020.

Tanggal itu dipilih lantaran 26 Juli 2020 adalah akhir dari penundaan musim lantaran pandemi corona.

Liga Inggris juga menyematkan tagar #blacklivesmatter #playerstogether sebagai simbol persatuan para pemain, pelatih, ofisial, dan para pemangku kepentingan lainnya.

Marcus Thuram (Borussia Moenchengladbach) merayakan golnya ke gawang Union Berlin dengan berlutut di kakinya sebagai bentuk penghormatan terhadap George Floyd.AFP/MARTIN MEISSNER / POOL Marcus Thuram (Borussia Moenchengladbach) merayakan golnya ke gawang Union Berlin dengan berlutut di kakinya sebagai bentuk penghormatan terhadap George Floyd.

Hening cipta

Bek Everton Inggris Michael Keane memuji pendukung saat ia mengambil bagian dalam pangkuan kehormatan setelah pertandingan sepak bola Liga Primer Inggris antara Everton dan Burnley di Goodison Park di Liverpool, Inggris barat laut pada 3 Mei 2019. - Everton memenangkan pertandingan 2-0 .AFP/OLI SCARFF Bek Everton Inggris Michael Keane memuji pendukung saat ia mengambil bagian dalam pangkuan kehormatan setelah pertandingan sepak bola Liga Primer Inggris antara Everton dan Burnley di Goodison Park di Liverpool, Inggris barat laut pada 3 Mei 2019. - Everton memenangkan pertandingan 2-0 .

"Sementara, logo BLM akan terpampang di jersey bagian depan," kata pernyataan Liga Inggris.

Menurut pengelola Liga Inggris, kebijakan itu merupakan bagian dari penghormatan pada tewasnya George Flyod oleh seorang polisi di Minneapolis, AS, pada 25 Mei 2020.

Baca juga: Ketika J.Lo Turun ke Jalan Ikut Aksi Black Lives Matter

Sementara itu, beberapa klub dalam berbagai kesempatan latihan sudah melakukan penghormatan.

Ilustrasi lockdown karena virus coronaShutterstock Ilustrasi lockdown karena virus corona

Para pemain melakukan sikap berlutut sebagaimana dipelopori pemain NFL Colin Kaepernick yang memprotes sikap rasialisme di AS.

Kemudian, saat laga akan berlangsung, para pemain juga melakukan hening cipta satu menit.

Ini untuk menghormati korban meninggal dunia pandemi corona.

Pengumuman yang memperingati publik terhadap ancaman virus corona tayang di layar video raksasa pada laga Leicester dan Aston Villa di Stadion King Power, Leicester, pada 9 Maret 2020.AFP/PAUL ELLIS Pengumuman yang memperingati publik terhadap ancaman virus corona tayang di layar video raksasa pada laga Leicester dan Aston Villa di Stadion King Power, Leicester, pada 9 Maret 2020.

"Hening cipta satu menit juga merupakan penghormatan bagi para petugas medis di garis paling depan yang memerangi virus corona," kata pengelola Liga Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber FirstPost
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com