Dukung Kampanye Kesehatan Mental, Final Piala FA Berganti Nama

Kompas.com - 12/06/2020, 11:30 WIB
Trofi Piala FA AFP/DANIEL LEAL-OLIVASTrofi Piala FA

KOMPAS.com - Final Piala FA musim 2019-2020 mengalami perubahan nama menjadi Heads Up FA Cup Final sebagai bentuk dukungan terhadap kampanye kesehatan mental.

Perubahan nama tersebut diinisasi oleh Pangeran William yang juga merupakan Presiden Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA).

Heads Up adalah bagian dari kampanye yang dilakukan FA bersama dengan Heads Together, suatu inisiatif kesehatan yang dikepalai Pangeran William dan Kate Middleton. 

Baca juga: Jadwal Perempat Final Piala FA, Dibuka Laga Norwich Vs Man United

Melalui kampanye bertajuk Heads Up, FA dan Heads Together ingin meningkatkan kesadaran tentang isu kesehatan mental melalui sepak bola.

Melansir Sky Sports, awal pekan ini Pangeran William melakukan pertemuan video call dengan Mikel Arteta (pelatih Arsenal), Hector Bellerin, Pierre-Emerick Aubameyang, dan manajer akademi Arsenal Per Mertesacker untuk membahas perubahan nama tersebut.

Diskusi yang melibatkan pelatih dan dua pemain Arsenal itu disebabkan karena klub berjulukan The Gunners saat ini merupakan tim dengan raihan Piala FA terbanyak. Mereka tercatat sudah memenangkan 13 Piala FA.

"Kami akan benar-benar menggunakan final ini sebagai momen untuk mengangkat isu kesehatan mental," kata Pangeran William dikutip dari Sky Sports.

"Perubahan nama ini cukup tepat mengingat apa yang kita semua lalui karena pandemi. Saya pikir pandemi ini berdampak banyak kepada masyarakat, tidak hanya soal sepak bola, tetapi juga kesehatan mental. Semoga Piala FA bisa turut mendukung masyarakat saat ini."

Mikel Arteta pun menyambut positif perubahan nama tersebut. Menurutnya, sangat penting untuk menciptakan keleluasaan bagi siapa pun untuk berbicara soal kesehatan mental.

"Kita harus menciptakan lingkungan yang aman bagi siapa pun untuk berbicara soal kesehatan mental tanpa merasa dihakimi atau khawatir dengan segala konsekuensinya," tutur Mikel Arteta.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Sky Sports
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X