Kompas.com - 11/06/2020, 20:00 WIB
Ilustrasi VAR AFP/PATRIK STOLLARZIlustrasi VAR

TOKYO, KOMPAS.com - Divisi 1 Liga Jepang menunda penggunaan video pembantu wasit (VAR) untuk laga-laga yang akan berputar kembali pada Juli mendatang.

"Alasan utama penundaan memang bersangkutan dengan pandemi corona," kata pernyataan sumber di divisi tersebut.

Pengoperasian VAR akan melibatkan banyak orang.

Baca juga: Klub Liga Jepang Tersandung Bendera Berdesain Nazi

Padahal, Liga Jepang sudah memutuskan akan melanjutkan laga kompetisi di stadion tanpa disaksikan langsung penonton.

Para pemain Al Hilal merayakan gelar juara Liga Champions Asia 2019 setelah mengalahkan Urawa Reds 2-0 pada laga final leg kedua di Stadion Saitama, Minggu 24 November 2019.AFP/ BEHROUZ MEHRI Para pemain Al Hilal merayakan gelar juara Liga Champions Asia 2019 setelah mengalahkan Urawa Reds 2-0 pada laga final leg kedua di Stadion Saitama, Minggu 24 November 2019.

"Jika banyak orang terlibat, dikhawatirkan akan ada kondisi rentan penyebaran virus corona," kata pernyataan sumber itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejatinya, Liga Jepang sudah memperkenalkan penggunaan VAR saat liga musim 2020 sebelum corona melanda.

Pemain Urawa Reds, Yuki Muto (kanan), melakukan selebrasi bersama rekan setimnya, Takuya Aoki, setelah mencetak gol ke gawang Kawasaki Frontale dalam pertandingan perempat final Liga Champions Asia di Stadion Todoroki, Kawasaki, 23 Agustus 2017.
KAZUHIRO NOGI/AFP Pemain Urawa Reds, Yuki Muto (kanan), melakukan selebrasi bersama rekan setimnya, Takuya Aoki, setelah mencetak gol ke gawang Kawasaki Frontale dalam pertandingan perempat final Liga Champions Asia di Stadion Todoroki, Kawasaki, 23 Agustus 2017.

Liga Jepang ditunda sementara mulai Februari 2020.

Pemangku kepentingan pada Liga Jepang masih merencanakan pertemuan untuk mengeluarkan keputusan resmi pada 23 Juni 2020.

"Kami akan mendiskusikan lagi situasi ini dengan sponsor serta wasit," kata Ketua Liga Jepang Mitsuru Murai.

Penyerang Yokohama Marinos, Marquinho (18) mencetak gol ke gawang David de Gea dalam laga persahabatan melawan Manchester United di Stadion Nissan, Yokohama, Jepang. Dalam laga itu, Setan Merah takluk 2-3 dari tim tuan rumah.TOSHIFUMI KITAMURA / AFP Penyerang Yokohama Marinos, Marquinho (18) mencetak gol ke gawang David de Gea dalam laga persahabatan melawan Manchester United di Stadion Nissan, Yokohama, Jepang. Dalam laga itu, Setan Merah takluk 2-3 dari tim tuan rumah.

"Setelah rapat itu, barulah dewan direksi mengambil keputusan," imbuh Mitsuru Murai.

Informasi termutakhir menunjukkan Divisi 1 Liga Jepang akan bergulir kembali pada 4 Juli 2020.

Sementara, satu minggu setelah itu, gelaran Divisi 2 dan Divisi 3 dilanjutkan kembali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Kyodo News
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.