Merambah Dunia YouTube, Joko Susilo Mengaku Punya Misi Khusus

Kompas.com - 11/06/2020, 09:21 WIB
Pelatih Persik Kediri, Joko Susilo sekaligus pemilik akun Youtube Pustaka Bola Joko Susilo. KOMPAS.com/Suci RahayuPelatih Persik Kediri, Joko Susilo sekaligus pemilik akun Youtube Pustaka Bola Joko Susilo.

MALANG, KOMPAS.com - Sukses malang melintang di dunia kepelatihan, pelatih Persik Kediri Joko Susilo melebarkan sayapnya merambah ke dunia YouTube.

Tak sekadar mencari popularitas, Joko Susilo mengakui punya misi khusus dalam membangun chanel YouTube-nya, Pustaka Bola Joko Susilo.

Selain aktif menjadi pelatih Persik Kediri, Joko Susilo tengah mendedikasikan diri untuk pengembangan usia dini.

Baca juga: Joko Susilo Ingatkan Pemain Persik untuk Jaga Kualitas Latihan

Di sela-sela kesibukannya, pelatih yang biasa disapa Coach Gethuk ini aktif mengikuti kegiatan seminar dan kursus pengembangan usia dini.

Dia juga kadang melakukan penelitian dan riset lapangan guna menyempurnakan ilmu yang ditekuni.

Tidak hanya gemar menggali, mantan asisten pelatih Timnas Indonesia ini juga gemar membagikan ilmu yang didapatkan. Salah satunya dituangkan melalui buku yang sedang dia tulis.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan harapan ilmu yang dipelajari bisa menyentuh pelatih-pelatih lain sehingga secara tidak langsung ikut membangun persepakbolaan nasional.

Semangat berbagi ini juga menjadi motivasi utamanya merambah ke ranah YouTube.

“Saya ingin meyampaikan kepada saudara-saudara saya yang ada di SBB terutamanya, tentang apa-apa uang ada di sepak bola. Dan juga apa yang harus disiapkan dan diberikan kepada anak didik sepak bola kita,” kata pelatih asal Cepu kepada Kompas.com.

“Karena saya berpikir kalau mereka menunngu ilmu dari kursus tertentu memerlukan waktu. Sedangkan mereka saat ini sudah bekerja pelatih atau di SSB,” imbuhnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X