Saat Kelanjutan La Liga Berpotensi Bangkitkan Ekonomi Spanyol...

Kompas.com - 10/06/2020, 19:00 WIB
Sebuah gambar menunjukkan pintu masuk kosong ke stadion Camp Nou di Barcelona pada 13 Maret 2020 setelah La Liga mengatakan dua divisi teratas Spanyol akan ditangguhkan setidaknya selam dua minggu karena wabah virus corona. AFP/JOSEP LAGOSebuah gambar menunjukkan pintu masuk kosong ke stadion Camp Nou di Barcelona pada 13 Maret 2020 setelah La Liga mengatakan dua divisi teratas Spanyol akan ditangguhkan setidaknya selam dua minggu karena wabah virus corona.

KOMPAS.com - Rangkaian La Liga musim 2019-2020 akan kembali bergulir pada 11 Juni 2020 setelah melalui masa penangguhan sejak pertengahan Maret.

Kembalinya kompetisi teratas Liga Spanyol itu merupakan kabar baik bagi para pemain, pelatih, staf, hingga pencinta sepak bola di seluruh belahan dunia.

Namun, yang tak kalah penting, kelanjutan La Liga diyakini bisa berdampak positif terhadap proses kebangkitan ekonomi warga Spanyol di tengah pandemi Covid-19.

Keberjalanan kompetisi bisa berdampak hingga sektor ekonomi karena banyak warga setempat yang menggantungkan hidup pada industri sepak bola.

Mantan gelandang Valencia dan Barcelona yang saat ini dintunjuk sebagai La Liga Ambassador, Gaizka Mendieta, menilai bahwa kelanjutan kompetisi akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat luas.

Baca juga: Cara La Liga Hormati Korban Covid-19: Heningkan Cipta Satu Menit

"Kabar baik untuk warga Spanyol yang terdampak pandemi (Covid-19), mereka masih berjuang untuk melalui masa sulit ini. Semua membaik ketika mengetahui sepak bola akan kembali," kata Mendieta dalam sesi konferensi pers virtual yang dihadiri Kompas.com beberapa waktu lalu.

"Ini bukan hanya tentang sepak bola, tentang seberapa besar kita merayakan kembalinya sepak bola, melainkan juga soal memberi pekerjaan ke banyak orang," kata dia.

"Kembalinya kompetisi juga penting untuk pendapatan suatu negara. Ini kabar baik untuk banyak sektor dalam kehidupan masyarakat," tutur Mendieta.

Baca juga: La Liga Kembali, Mantan Bintang Liga Spanyol Bicara Laga Paling Dinantikan

Selain itu, kelanjutan La Liga juga bisa berdampak pada kehidupan sosial di tengah masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, mantan bek Real Madrid dan Malaga, Fernando Sanz, mengatakan, kembalinya kompetisi akan membuka peluang warga Spanyol untuk berkumpul dengan keluarga dan kerabat meski tidak hadir ke stadion secara langsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X