Kompas.com - 08/06/2020, 15:20 WIB
Pemain tim nasional sepak bola U-23 yang dipersiapkan untuk SEA Games XXVI/2011, Syamsir Alam, mencium baju setelah mencetak gol ke gawang Persikota Tangerang, dalam pertandingan ujicoba di Stadion Krakatau Steel, Cilegon, Banten, Jumat (28/10/2011). KOMPAS/YUNIADHI AGUNGPemain tim nasional sepak bola U-23 yang dipersiapkan untuk SEA Games XXVI/2011, Syamsir Alam, mencium baju setelah mencetak gol ke gawang Persikota Tangerang, dalam pertandingan ujicoba di Stadion Krakatau Steel, Cilegon, Banten, Jumat (28/10/2011).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sempat digadang-gadang menjadi pemain masa depan Indonesia, serta pernah memperkuat klub luar negeri seperti CS Vise Belgia dan DC United Amerika Serikat, membuat sosok Syamsir Alam tidak asing di telinga pencinta sepak bola Indonesia.

Kini, pemain kelahiran 6 Juli 1992 sudah tidak terdengar lagi kiprahnya di lapangan hijau.

Dalam dua tahun terakhir, Syamsir Alam memang tidak terikat kontrak dengan klub manapun dan memilih terjun ke dunia hiburan atau entertainment.

Baca juga: Tiga Laga Harapan Timnas Indonesia Penuhi Target Tembus Rank 150 FIFA

Dia mengaku, sepanjang karier sepak bolanya, pengalaman membela timnas Indonesia adalah yang paling berkesan. 

Pasalnya, selama membela Sriwijaya FC, Pelita Bandung Raya, dan Persiba Balikpapan, Syamsir mengaku tidak begitu merasakan atmosfer kompetisi karena minimnya kesempatan bermain.

Terlebih lagi, sempat dihentikannya kompetisi pada 2015 lalu akibat dualisme federasi.

“Kalau di Indonesia saya bermain untuk tiga klub, Sriwijaya FC, Persiba Balikpapan, dan PBR. Jadi kalau momen yang berkesan ketika berkarier di Indonesia tentunya saat membela Timnas Indonesia,” kata suami dari Puteri Indonesia 2017, Bunga Jelitha, itu.

Persiba Balikpapan menjadi tim profesional yang dibela Syamsir Alam. Kemudia dia berkarir di dunia entertain ketimbang sepak bola.

Dia menyebut bahwa manusia tidak bisa berpatokan pada satu keahlian saja.

Harus ada keberanian untuk mengembangkan diri di bidang lain, dan dia sudah dua tahun menekuni karier di dunia entertainment.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X