Cafu Tak Ragu Sebut Ronaldinho sebagai Lawan Tersulit dalam Karier

Kompas.com - 07/06/2020, 23:15 WIB
Pemain Barcelona Brazilain Ronaldinho (tengah) mencoba mengoper AC Milan Jaap Stam (kanan) selama pertandingan sepak bola leg kedua semifinal Liga Champions di stadion Camp Nou di Barcelona, 26 April 2006. AFP/CESAR RANGELPemain Barcelona Brazilain Ronaldinho (tengah) mencoba mengoper AC Milan Jaap Stam (kanan) selama pertandingan sepak bola leg kedua semifinal Liga Champions di stadion Camp Nou di Barcelona, 26 April 2006.

KOMPAS.com - Legenda timnas Brasil, Ronaldinho, dianggap sebagai lawan yang selalu merepotkan di lapangan hijau.

Hal itu diungkap langsung oleh kompatriotnya di Brasil, Cafu.

Dalam sebuah wawancara virtual dengan FIFA.com, Cafu menceritakan pengalaman saat menghadapi lawan tersulit selama kariernya.

Cafu bahkan tidak ragu untuk menyebut Ronaldinho sebagai pemain yang kerap membuatnya kewalahan.

Baca juga: Cafu Minta Coutinho Lupakan Barcelona dan Bertahan di Bayern

Cafu dan Ronaldinho memang bermain bersama ketika membela timnas Brasil. Namun, saat di klub, kedua pemain tersebut saling berhadapan.

Cafu yang waktu itu membela AC Milan pada 2003 hingga 2008 pernah menghadapi Ronaldinho yang ketika itu masih membela Barcelona.

Kedua pemain tersebut saling berhadapan satu sama lain di Liga Champions, tepatnya pada musim 2004-2005 dan 2005-2006.

Pemain FC Barcelona Ronaldinho (kanan) bersaing dengan bek AC Milan, Cafu selama pertandingan sepakbola Liga Champions di stadion Camp Nou di Barcelona, 02 November 2004.AFP/LLUIS GENE Pemain FC Barcelona Ronaldinho (kanan) bersaing dengan bek AC Milan, Cafu selama pertandingan sepakbola Liga Champions di stadion Camp Nou di Barcelona, 02 November 2004.

Pengalaman itulah yang membuat Cafu menyebut bahwa kompatriotnya di timnas Brasil itu sebagai lawan tersulit yang pernah ia hadapi selama berkarier sebagai pesepak bola.

"Saya tidak ragu menyebut Ronaldinho Gaucho," kata Cafu dikutip dari laman resmi FIFA.

"Dia pemain yang sangat tidak terduga, dia bisa melakukan hal-hal yang bahkan tidak bisa Anda bayangkan," ucapnya.

"Dia hampir tidak bisa disentuh sedikit pun," katanya.

Baca juga: Pengacara Ingin Ronaldinho Dibebaskan

Meski di klub saling berhadapan, Ronaldinho dan Cafu di timnas Brasil saling bahu-membahu membawa negaranya berprestasi.

Ronaldinho dan Cafu pernah membawa timnas Brasil menjuarai Copa America pada 1999 dan Piala Dunia 2002.

Baca juga: Tak Ada CR7 dalam Daftar 5 Pemain yang Suka Ditonton Ronaldo Nazario



Sumber FIFA
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X