Indra Sjafri Ungkap Dampak Positif jika Liga 1 dan Liga 2 Kembali Bergulir

Kompas.com - 07/06/2020, 14:20 WIB
Pelatih timnas U23 Indonesia, Indra Sjafri dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Sepak Bola Binan, Laguna, Filipina, Selasa (3/12/2019). Timnas Indonesia menang 8-0 dari Brunei Darussalam. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPelatih timnas U23 Indonesia, Indra Sjafri dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Sepak Bola Binan, Laguna, Filipina, Selasa (3/12/2019). Timnas Indonesia menang 8-0 dari Brunei Darussalam.

KOMPAS.com - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, mengungkapkan dampak positif yang akan dirasakan jika kompetisi Liga 1 dan Liga 2 di Indonesia kembali bergulir.

Menurut Indra Sjafri, kelanjutan kompetisi musim 2020 bisa berdampak baik terhadap dua hal, kampanye adaptasi dan persiapan Indonesia dalam menyambut Piala Dunia U-20 2021.

Terkait kampanye adaptasi, mantan juru taktik timnas U-19 dan U-23 itu meyakini sepak bola bisa menjadi sarana untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia sudah beradaptasi dengan normalitas baru di tengah pandemi Covid-19.

"Kami rasa perlu kampanye lewat sepak bola bahwa Indonesia sudah mulai beradaptasi dan belajar dengan situasi new normal dengan menjalankan protokol kesehatan," kata Indra Sjafri, dikutip dari laman resmi PSSI.

"Kompetisi sepak bola adalah kampanye yang baik buat dunia luar melihat kita," imbuh dia.

Baca juga: Keanehan PSSI Jika Lanjutkan Liga 1 Tanpa Mainkan Pemain U20

Sementara itu, soal dampak positif terhadap persiapan menuju Piala Dunia U-20 2021, Indra Sjafri menyebut bahwa PSSI telah berkaca dari pengalaman beberapa tahun silam, ketika Indonesia terkena sanksi FIFA.

Menurutnya, penghentian kompetisi akan berdampak buruk terhadap prestasi sepak bola nasional.

Tentu itu bukanlah hal yang diharapkan menjelang Piala Dunia U-20 2021, mengingat Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah.

"Kompetisi yang dilakukan sekarang adalah untuk kepentingan timnas ke depan. Supaya pemain selalu berkompetisi dan pemain tetap terasah kualitasnya," ucap Indra Sjafri.

"Saat pemain tidak ikut pemusatan latihan, mereka bisa berkompetisi di Liga 1 dan 2, karena rata-rata pemain sudah memiliki klub."

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber PSSI
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X