Bicara soal Insiden George Floyd, Ighalo Tegaskan Rasialisme Harus Dilawan

Kompas.com - 06/06/2020, 15:00 WIB
Striker Manchester United, Odion Ighalo, memberi tepuk tangan seusai laga leg kedua babak 32 besar Liga Europa kontra Club Brugge berakhir di Stadion Old Trafford, Manchester, pada Jumat (28/2/2020) dini hari WIB. AFP/OLI SCARFFStriker Manchester United, Odion Ighalo, memberi tepuk tangan seusai laga leg kedua babak 32 besar Liga Europa kontra Club Brugge berakhir di Stadion Old Trafford, Manchester, pada Jumat (28/2/2020) dini hari WIB.

KOMPAS.com - Odion Ighalo turut menyampaikan pandangannya terkait insiden George Floyd

George Floyd adalah pria berkulit hitam yang kehilangan nyawanya setelah mendapat perlakuan kekerasan dari polisi di Minneapolis, Amerika Serikat.

Rekaman video yang viral memperlihatkan bagaimana Derek Chauvin dari Kepolisian Minneapolis menindih leher George Floyd dengan lututnya meskipun Floyd sudah mengatakan bahwa dia tidak bisa bernafas.

George Floyd yang memiliki gangguan pernapasan pun dinyatakan meninggal di rumah sakit setelahnya.

Tindakan kekerasan itu memicu kerusuhan di Amerika Serikat dari Atlanta hingga Washington DC.

Baca juga: Gelandang Bayern Muenchen Dorong Semua Pemain Serukan Keadilan untuk George Floyd

"Tidak ada satu pun yang membenarkan rasialisme. Kita semua manusia. Meskipun warna kulit berbeda, kita semua sama. Kita ada di dunia yang sama, hidup yang sama," kata Odion Ighalo kepada Sky Sports. 

"Saya tidak membenarkan rasialisme, tetapi pada saat yang bersamaan, saya juga tidak setuju dengan tindakan kerusuhan."

Bagi Ighalo, tindakan rasialisme itu nyata dan perlu dihilangkan demi generasi berikutnya.

"Kita berjuang sekarang sehingga tindakan seperti itu tidak akan terjadi lagi di generasi berikutnya," tutur Odion Ighalo.

"Kita harus memulai dari generasi muda, mendidik mereka, biarkan mereka melihat bahwa semua manusia itu sama. Kita harus berjuang untuk kemanusiaan, bukan warna," katanya mengakhiri.

Halaman:


Sumber Sky Sports
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X