APSSI: Melanjutkan Kompetisi Bukan Hal Mudah, tetapi Tidak Mustahil

Kompas.com - 05/06/2020, 20:55 WIB
Ketua Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APSSI), Yeyen Tumena saat virtual prescon menyikapi perkembangan sepakbola di tanah air, Kamis (04/06/2020) malam. KOMPAS.com/Suci RahayuKetua Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APSSI), Yeyen Tumena saat virtual prescon menyikapi perkembangan sepakbola di tanah air, Kamis (04/06/2020) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah pihak menilai kelanjutankompetisi musim 2020 beserta skema-skema yang telah disiapkan membutuhkan peninjauan kembali.

Pasalnya, beberapa hal dinilai belum bisa memberikan rasa aman untuk tetap melanjutkan kompetisi.

Salah satunya adalah wacan sentralisasi kompetisi di Pulau Jawa.

Banyak yang menilai hal ini sangat riskan mengingat mayoritas zona merah Covid-19 justru berada di pulau terpadat di Indonesia tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Ketua APSSI (Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia) Yeyen Tumena, mengakui bahwa melanjutkan kompetisi 2020 memang menjadi tantangan tetapi bukan hal mustahil.

Baca juga: APSSI: kalau Liga 1 Dilanjut September, Latihannya Juga Jangan September

Dia menyakini sebelum muncul wacana ini, PSSI dan pihak terkait tentu sudah mempertimbangkan banyak hal.

Sehingga, wacana tersebut sudah terbentuk satu paket dengan protokol pencegahan dan penanganan.

Apalagi, kompetisi rencananya akan dimulai pada bulan September. Dia optimistis dalam waktu dua bulan ke depan situasi "new normal" jauh lebih kondusif dan memungkinkan untuk melakukan pertandingan.

Yeyen Tumena mengatakan pemerintah akan mengeluarkan kebijakan boleh berkumpul lebih dari 10 orang pada pertengahan Juni dan memperbolehkan kegiatan latihan tim pada pertengahan Juli.

“Saya pikir itu make sense. Namun, kalau kompetisinya September atau Oktober masih ada waktu tiga atau empat bulan menjelang kompetisi. Bisa digunakan untuk memantau kondisi ini memungkinkan atau tidak menggelar pertandingan.”

Baca juga: APSSI: Jangan Hanya Liga 1 dan Liga 2 Saja, EPA Juga Harus Dilanjutkan

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X