Saat Status Home-Away Tak Lagi 'Berlaku' di Sepak Bola Setelah Pandemi

Kompas.com - 05/06/2020, 20:30 WIB
Para pemain Borussia Dortmund merayakan kemenangan 4-0 atas Schalke di laga pertama kembalinya Bundesliga setelah absen dua bulan karena pandemi virus corona pada 16 Mei 2020. AFP/MARTIN MEISSNERPara pemain Borussia Dortmund merayakan kemenangan 4-0 atas Schalke di laga pertama kembalinya Bundesliga setelah absen dua bulan karena pandemi virus corona pada 16 Mei 2020.

KOMPAS.com - Hampir tiga bulan berlalu lebih lima liga top Eropa ditangguhkan karena pandemi virus corona, beberapa kompetisi kini mulai dilanjutkan.

Liga Belanda dan Perancis terpaksa dihentikan pada akhir April 2020 karena pemerintah setempat melarang penyelenggaraan event olahraga sampai awal September.

Bundesliga, kasta teratas Liga Jerman, menjadi kompetisi pertama dari lima liga top Eropa yang kembali dilanjutkan pada 16 Mei 2020.

Keputusan Bundesliga melanjutkan kompetisi akan diikuti oleh Liga Spanyol, Liga Inggris dan Liga Italia.

Liga Spanyol bakal memulai lagi kompetisi 11 Juni 2020, dilanjutkan Liga Inggris enam hari berselang, dan terakhir Liga Italia pada 20 Juni.

Satu kesamaan dari kelanjutan empat kompetisi Eropa itu adalah penerapan aturan pertandingan tanpa penonton.

Aturan baru itu diterapkan untuk menghindari risiko penularan virus corona karena pandemi di empat negara tersebut belum berakhir.

Baca juga: Persaingan Zona Liga Champions di LaLiga Ketat, 7 Tim Berpeluang

Statistik menarik dihasilkan dari tiga pekan pertama Bundesliga setelah dilanjutkan dengan aturan tanpa penonton.

Dari 37 pertandingan Bundesliga yang sudah selesai digelar, terdapat 19 laga di mana tim tuan rumah menderita kekalahan.

Sementara itu, hanya ada delapan laga dengan tim tuan rumah sebagai pemenang dan 10 pertandingan lainnya berakhir imbang.

Halaman:


Sumber La Liga
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X