APSSI: kalau Liga 1 Dilanjut September, Latihannya Juga Jangan September

Kompas.com - 04/06/2020, 22:49 WIB
Ketua Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APSSI), Yeyen Tumena saat virtual prescon menyikapi perkembangan sepakbola di tanah air, Kamis (04/06/2020) malam. KOMPAS.com/Suci RahayuKetua Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APSSI), Yeyen Tumena saat virtual prescon menyikapi perkembangan sepakbola di tanah air, Kamis (04/06/2020) malam.

KOMPAS.com - Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI) memiliki usulan kepada PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait nasib kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim ini.

PSSI dan PT LIB memberikan opsi bahwa kompetisi bisa dilanjutkan September atau Oktober mendatang.

APSSI mengapresiasi langkah tersebut. Namun, pada saat bersamaan, organisasi yang resmi dibentuk pada 23 Januari 2020 itu memberi beberapa masukan.

"Kami mengapresiasi langkah PSSI melanjutkan kompetisi," kata Ketua APSSI Yeyen Tumena dalam virtual pressconference yang juga diikuti Kompas.com pada Kamis (4/6/2020).

Baca juga: Liga 1 Siap Dilanjutkan, Pelatih Persebaya: Surabaya Zona Merah Tua, Apa Boleh Latihan?

"Kami serahkan kepada PSSI dan PT LIB, apakah kompetisi dilanjutkan September atau Oktober," ujar dia.

Hal yang terpenting, menurut APSSI, adalah soal teknis kompetisi nanti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Karena pemain dan pelatih hampir dua bulan tidak fit, jadi membutuhkan pre-season. Beda latihan di rumah dengan di lapangan," ucap Yeyen Tumena melanjutkan.

"Minimal enam minggu pre-season. Kemudian ditambah dua minggu turnamen pramusim. Jadi, patokannya minimal dua bulan sebelum kompetisi dilanjut, para pemain harus latihan," ujar dia.

"Jangan kompetisinya September, latihannya juga September," ucap mantan bek timnas Indonesia itu.

Baca juga: Bila Liga 1 Dilanjutkan, Persib Akan Disiplin Patuhi Protokol Kesehatan

APSSI mendukung sepenuhnya langkah PSSI dan PT LIB untuk melanjutkan kompetisi.

Namun, ada protokol kesehatan yang harus ditaati.

"APSSI mendukung kompetisi dilanjutkan, dengan catatan ada protokol kesehatan," ucap pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, yang juga anggota APSSI.

Pelatih Madura United musim 2020, Rahmad Darmawan.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pelatih Madura United musim 2020, Rahmad Darmawan.

PSSI dan PT LIB akan menggelar rapat lagi untuk membuat keputusan akhir terkait kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 musim ini, termasuk soal protokol kesehatan.

Namun, hingga berita ini ditulis, belum ada informasi resmi yang bergulir.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X