Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Selebrasi untuk George Floyd, Jadon Sancho Bebas dari Sanksi DFB

Kompas.com - 04/06/2020, 08:40 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

Sumber Mirror,DFB

KOMPAS.com - Penyerang Borussia Dortmund, Jadon Sancho, terbebas dari sanksi Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) terkait selebrasi yang ia dedikasikan untuk mendiang George Floyd.

Seperti yang diketahui, isu rasisme yang melekat dalam kematian George Floyd menuai respons banyak pihak, termasuk dari sejumlah bintang sepak bola dunia.

Jadon Sancho adalah salah satunya. Setelah berhasil mencetak gol pada laga kontra Paderborn di ajang Bundesliga, Minggu (31/5/2020), dia melakukan selebrasi dengan menunjukkan kaus dalam bertuliskan "Justice for George Floyd".

Namun, aksi tersebut sempat menciptakan polemik karena dianggap berbau politik dan berpotensi dikenakan sanksi.

DFB selaku induk sepak bola Jerman pun turun tangan untuk meluruskan aksi yang dilakukan pemain berusia 19 tahun itu.

Baca juga: Sancho Dedikasikan Gol untuk George Floyd, Ini Reaksi Pelatih Dortmund

Sebelumnya, Ketua Komite Kontrol DFB, Anton Nachreiner, mengatakan bahwa pihaknya akan mempertimbangkan beberapa hal sebelum mengambil keputusan terkait aksi Sancho.

"Badan kontrol DFB akan menangani masalah ini dalam beberapa hari mendatang dan meneliti keadaan kasus ini," kata Nachreiner, dikutip dari Mirror, Senin (1/6/2020).

Setelah melalui beberapa perbincangan, DFB pun mengeluarkan pernyataan yang menyebut bahwa Sancho tidak akan dikenakan sanksi.

Lewat pernyataan yang diunggah pada laman resmi DFB, Rabu (3/6/2020) waktu setempat, selebrasi Sancho dinilai menjadi bagian dari kampanye anti-rasisme yang kerap dikumandangkan sepak bola Eropa, termasuk di Jerman.

"Komite ingin mempertahankan komitmen tentang kampanye anti-rasisme yang berkaitan dengan kekerasan terhadap George Floyd," demikian pernyataan resmi DFB.

Baca juga: Syukur Muhammad Ali Tidak Melihat Kasus George Floyd, Kalau Saja Melihat...

Keputusan dari komite kontrol itu menuai respons positif dari Presiden DFB, Fritz Keller.

Dia turut menegaskan bahwa DFB sangat menentang segala bentuk rasisme.

"Saya menyambut baik keputusan dari komite kontrol DFB yang berpandangan jauh ke depan. Saya sangat senang dengan langkah itu (tidak memberikan sanksi)," ujar Keller, dikutip dari laman resmi DFB.

"Kami sangat menentang segala bentuk rasisme, itulah sebabnya kami menghargai bentuk dukungan yang ditunjukkan pemain," imbuh dia.

Selain Sancho, pemain lain yang melakukan aksi serupa, seperti Marcus Thuram, Achraf Hakimi dan Weston McKennie, juga terbebas dari sanksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com