Penghormatan Liverpool untuk Mendiang George Floyd

Kompas.com - 02/06/2020, 11:00 WIB
Sebuah gambar menunjukkan gerbang dan lambang yang terkunci di stadion klub sepak bola Liverpool Anfield di Liverpool, Inggris barat laut, pada 18 April 2020. AFP/PAUL ELLISSebuah gambar menunjukkan gerbang dan lambang yang terkunci di stadion klub sepak bola Liverpool Anfield di Liverpool, Inggris barat laut, pada 18 April 2020.

KOMPAS.com - Raksasa Liga Inggris, Liverpool menunjukkan aksi solidaritas untuk mendiang George Floyd.

Sebelum melakukan sesi latihan pada Senin (1/5/2020), waktu setempat, semua penggawa Liverpool melakukan aksi solidaritas dengan melakukan sesi berlutut di sekitar lingakaran tengah di lapangan Stadion Anfield.

Aksi para penggawa The Reds itu dilakukan untuk memberi penghormatan kepada George Floyd yang tewas setelah mendapat kekerasan dari polisi.

Dalam aksi solidaritas yang dilakukan para penggawa Liverpool itu mereka menentang rasialisme dan kekerasan yang menimpa George Floyd dengan mengampanyekan tagar #BlackLivesMatter.

Setelah melakukan aksi solidaritas tersebut, para penggawa Liverpool dari Jordan Henderson hingga Virgil van Dijk menunjukkan bentuk solidaritasnya dengan mengungah foto-foto mereka berlutut membentuk lingkaran dengan menulis pesan "Unity is strength" kemudian ditambahkan tagar #BlackLivesMatter.

George Floyd merupakan pria yang tewas di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat, pada Senin (25/5/2020).

Floyd kehilangan nyawanya setelah mendapat kekerasan dari polisi.

Floyd tewas setelah lehernya ditindih lutut polisi, ketika ia tiarap dan sedang diamankan.
Rekaman video memperlihatkan bagaimana Derek Chauvin dari Kepolisian Minneapolis menindih leher Floyd dengan lututnya selama lebih dari 8 menit.

Padahal, saat itu, Floyd telah mengutarakan bahwa ia tak bisa bernapas.

Kematian Floyd kemudian memantik demonstrasi besar-besaran di Amerika Serikat dengan mengangkat isu rasialisme.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X