Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Maximilian Arnold, Pemilik Penampilan Terbanyak di Wolfsburg

Kompas.com - 31/05/2020, 22:20 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Nugyasa Laksamana

Tim Redaksi

Sumber Bundesliga

KOMPAS.com - Momen kedatangan dan kepergian pemain dalam perjalanan klub sepak bola merupakan hal yang dianggap lumrah.

Namun, hal itu seolah tidak berlaku bagi Maximilian Arnold, pesepak bola kelahiran Riesa, salah satu kota di Barat Laut Jerman.

Sejak 2009, Arnold hanya bermain untuk satu klub, Wolfsburg. Dia mengawali kariernya di klub berjuluk Die Woelfe itu dalam skuad U-17 dan U-19.

Arnold membutuhkan dua tahun sebelum berkesempatan melakoni laga debutnya di Bundesliga, kasta tertinggi Liga Jerman.

Pertandingan perdananya di Bundesliga tercatat pada pekan ke-14 Bundesliga, saat Wolfsburg bertandang ke markas FC Augsburg, 21 November 2011.

Baca juga: Achraf Hakimi, Pinjaman dari Real Madrid Pimpin Pemain Tercepat Bundesliga

Perjalanan kariernya di Wolfsburg pun terbilang rumit. Dia sempat dikirim kembali ke skuad U-19 untuk memetangkan permainan setelah menjalani dua laga perdana bersama tim utama.

Kesempatan itu tidak ia sia-siakan. Arnold tampil impresif bersama skuad U-19 dan mulai bermain reguler pada gelaran Bundesliga musim 2013-2014.

Sejak saat itu, dia menunjukkan kemampuannya sebagai seorang gelandang.

Bahkan, Arnold menjadi pelengkap sejumlah gelandang top yang pernah merumput bersama Wolfsburg, seperti Kevin De Bruyne dan Luiz Gustavo.

Baca juga: Arti Pelanggaran Aturan Memeluk bagi Pemain Bundesliga Ini

Setelah menjalani beberapa musim yang cukup menjanjikan, Arnold kembali dihadapkan dengan masa-masa sulit, tepatnya ketika Wolfsburg harus melalui playoff dalam dua musim beruntun (2016-2017 dan 2017-2018) agar tetap bertahan di kasta tertinggi Liga Jerman.

Situasi itu tidak membuatnya menyerah dengan Wolfsburg. Dia bertahan dan berhasil menjaga nama baik timnya di Bundesliga.

Saat ini Arnold masih berstatus sebagai pemain andalan Wolfsburg dengan mengumpulkan 267 penampilan selama lebih dari satu dekade masa pengabdiannya.

Berdasarkan data dari Bundesliga, tak ada satupun pemain di dalam skuad Wolfsburg musim ini yang melebihi jumlah penampilan Maximilian Arnold.

Hal itu menjadi satu bukti loyalitas Arnold terhadap Wolfsburg, klub yang bermarkas di Stadion Volkswagen Arena sejak musim 2008-2009.

Baca juga: Tiga Pesepak Bola Ini Bikin Bundesliga Tenar

Kesetiaan pemain berusia 26 tahun itu seolah terbayar dalam gelaran Bundesliga musim ini, ketika dia berhasil melampaui catatan pribadi selama berkarier bersama skuad utama Wolfsburg.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com