Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana B Premier League Jika Liga Inggris Sampai Batal Lagi Tengah Jalan

Kompas.com - 29/05/2020, 18:20 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Premier League mempunyai Rencana B apabila kompetisi kasta teratas Liga Inggris 2019-2020 terpaksa berhenti di tengah jalan setelah bergulir lagi.

Klub-klub Premier League punya komitmen untuk melanjutkan kembali kompetisi yang tertunda sejak medio Maret tersebut mulai Rabu, 17 Juni 2020.

Laga-laga pertama yang akan dimainkan adalah dua partai tunda, Manchester City vs Arsenal dan Aston Villa vs Sheffield United.

Kedua partai tersebut ditunda akibat partisipasi Manchester City dan Aston Villa di final Piala Liga.

Setelah dua pertandingan tersebut, Premier League akan memainkan laga-laga lain mulai Sabtu 20 Juni 2020 walau ada keinginan dari pemegang hak siar untuk menggeser pertandingan ke Jumat, 19 Juni.

Baca juga: Normalitas Baru dalam Jadwal Pertandingan Liga Inggris

Premier League menyisakan 92 pertandingan lagi hingga akhir musim.

Akan ada empat waktu kick-off berbeda setiap Sabtu dan empat slot pada Minggu.

Banyaknya jumlah laga yang perlu dimainkan plus pandemi Covid-19 yang belum berakhir membuat Premier League punya Rencana B apabila ada ganjalan hingga akhir musim.

Ke-20 kubu Premier League setuju untuk menentukan klasemen akhir dengan sistem poin per laga apabila musim tak dapat berlanjut karena alasan apapun selama 1-2 bulan ke depan.

Hal ini turut menjadi alasan kenapa laga-laga yang ditunda mendapat prioritas saat musim kembali bergulir.

Keputusan formil mengenai Rencana B tersebut perlu diratifikasi pada voting klub-klub Premier League berikutnya yang akan diadakan pada Kamis (5/6/2020).

Baca juga: Ayah Pelatih Aston Villa Meninggal, Klub Liga Inggris Itu Berduka

CEO Premier League, Richard Masters, mengutarakan bahwa semua hal masih bisa terjadi bahkan terkait tanggal mula kompetisi.

"Hari ini kami punya persetujuan sementara untuk melanjutkan PRemier League pada Rabu 17 Juni," tuturnya pada Kamis (28/5/2020).

"Namun, tanggal ini tak bisa terkonfirmasi hingga kami memenuhi semua persyaratan kesehatan karena kesehatan dan kesejahteraan semua partisipan dan suporter adalah prioritas kami."

"Sayang, pertandingan-pertandingan akan bergulir tanpa penonton di stadion. Jadi, kami senang telah mempunyai solusi positif agar para fans dapat menyaksikan ke-92 laga tersisa."

"Kami akan bekerja selangkah demi selangkah dan dalam konsultasi dengan semua pemangku kepentingan seiring kita melanjutkan musim 2019-2020."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com