Pekan Ini, Pemerintah Inggris Bahas Fase Kedua Liga Inggris Kembali

Kompas.com - 21/05/2020, 07:20 WIB
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, kembali ke lapangan latihan tim di Melwood pada 20 Mei 2020. Ini adalah sesi pertama Liverpool sejak pandemi virus corona merebak. AFP/PAUL ELLISPelatih Liverpool, Juergen Klopp, kembali ke lapangan latihan tim di Melwood pada 20 Mei 2020. Ini adalah sesi pertama Liverpool sejak pandemi virus corona merebak.

KOMPAS.com - Pemerintah Inggris mengutarakan bahwa fase kedua kembalinya Liga Inggris bisa ditentukan pekan ini. Hal tersebu diungkapkan oleh Menteri Kebudayaan Inggris, Oliver Dowden.

Fase kedua Liga Inggris kembali melibatkan latihan berkelompok yang memperbolehkan kontak fisik seperti melakukan tekel.

Ini merupakan tahapan lanjutan dari fase pertama yang hanya mengizinkan latihan grup kecil dengan aturan ketat perihal physical distancing.

Sejauh ini, Premier League tetap menargetkan tanggal 12 Juni untuk kembali menggulirkan kompetisi 2019-2020 kendati tanggal tersebut besar kemungkinan harus mundur satu atau dua pekan.

Baca juga: Melirik Pemilik Tottenham, Salah Satu Sosok Misterius di Liga Inggris

Oliver Dowden mengutarakan bahwa ada tiga langkah yang bakal ditempuh Pemerintah inggris untuk melanjutkan kompetisi sepak bola profesional.

"Pertama, kami telah mengeluarkan panduan untuk latihan tanpa kontak fisik di belakang pintu tertutup," ujarnya pada sesi taklimat harian Pemerintah Inggris.

"Saya harap, jika mendapat izin dari Otoritas Kesehatan Publik Ingris dan lainnnya, kami lalu akan mengeluarkan panduan soal latihan di lingkungan penuh kontak bagi olahraga elite."

"Tahap akhir adalah mengeluarkan panduan untuk melanjutkan pertandingan di belakang pintu tertutup. Kami harus mendapat panduan dari otoritas kesehatan dan hari ini, untuk keempat kalinya, ada pertemuan antara olahraga elite dan otoritas kesehatan untuk mencari cara teraman melakukan itu."

"Jika bisa dilakukan secara aman, saya ingin kita bisa bergulir pada medio Juni," lanjutnya.

Baca juga: Man United Ikut Lirik Kai Harvetz di Bursa Transfer Liga Inggris

Klub-klub Liga Inggris telah setuju untuk kembali latihan grup kecil mulai pada Selasa (19/5/2020) sebagai fase pertama Liga Inggris kembali setelah dua bulan absen.

Ke-20 klub Premier League sepakat kembali latihan grup kecil dengan target memulai latihan kontak penuh pada 26 Mei dan memulai kembali Liga Inggris paling cepat pada 12 Juni.

Namun, Premier League menemukan enam kasus positif Covid-19 di antara tiga klub Premier League setelah mereka mengadakan tes massal pada akhir pekan kemarin.

Salah satunya adalah bek Watford, Adrian Mariappa, yang positif Covid-19 tanpa menunjukan gejala.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X