Liga Skotlandia Resmi Dihentikan, Celtic Dinobatkan Jadi Juara

Kompas.com - 18/05/2020, 22:00 WIB
Gelandang Celtic Skotlandia Scott Brown (kiri) dan rekan satu tim bereaksi terhadap kekalahan mereka di lapangan setelah putaran 32 pertandingan leg kedua Liga Eropa antara Celtic dan Kopenhagen di stadion Celtic Park di Glasgow, Skotlandia pada 27 Februari 2020. - Kopenhagen menang permainan 3-1, 4-2 secara agregat. AFP/ANDY BUCHANANGelandang Celtic Skotlandia Scott Brown (kiri) dan rekan satu tim bereaksi terhadap kekalahan mereka di lapangan setelah putaran 32 pertandingan leg kedua Liga Eropa antara Celtic dan Kopenhagen di stadion Celtic Park di Glasgow, Skotlandia pada 27 Februari 2020. - Kopenhagen menang permainan 3-1, 4-2 secara agregat.

KOMPAS.com - Scottish Premiership, kasta teratas Liga Skotlandia, musim 2019-2020 resmi dihentikan karena pandemi virus corona.

Keputusan tersebut diumumkan langsung oleh Scottish Professional Football League (SPFL) selaku operator kompetisi pada Senin (18/5/2020) waktu setempat.

Dalam keputusan yang diumumkan oleh SPFL, Celtic resmi dinobatkan sebagai juara Liga Skotlandia musim 2019-2020.

Bagi Celtic, juara Liga Skotlandia ini merupakan gelar kesembilan yang diraih secara beruntun, atau gelar liga domestik ke-51.

Baca juga: Pemuncak Klasemen Liga Skotlandia Gandeng Perusahaan Tetangga

Sementara itu, Glasgow Rangers dan Motherwell yang menempati posisi kedua dan ketiga dipastikan mendapat tiket kualifikasi Liga Europa musim depan.

Kemudian, Heart of Midlothian (Hearts) yang menempati posisi ke-12 atau terakhir klasemen dinyatakan turun divisi ke Championship (divisi dua).

Posisi mereka digantikan Dundee United yang menjadi juara Scottish Championship.

Presiden SPFL, Murdoch MacLennan, turut memberi ucapan selamat kepada Celtic atas gelar domestiknya.

"Pertama-tama, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan selamat kepada Celtic atas prestasi mereka memenangkan Liga Skotlandia musim ini," kata MacLennan dikutip dari laman resmi SPFL.

"Kami lebih suka melanjutkan kompetisi musim ini. Namun, mengingat keadaan yang sulit ini dan belum pernah terjadi sebelumnya, maka kami sepakat untuk menghentikan kompetisi."

Baca juga: Liga Skotlandia di Ambang Pembatalan

"Kami juga berterima kasih kepada klub-klub Liga Skotlandia atas dukungan mereka terkait keputusan ini," kata MacLennan.

Liga Skotlandia mengikuti jejak Ligue 1 - kasta teratas Liga Perancis, Eredivisie - kasta teratas Liga Belanda, dan Jupiler Pro League - kasta teratas Liga Belgia yang telah resmi menghentikan liga domestiknya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X