Bek Muda PSM Makassar Utamakan Berkarier di Asia daripada Eropa

Kompas.com - 18/05/2020, 15:45 WIB
Pemain PSM Makassar, Asnawi Mangkualam Bahar, mencoba merebut bola dari kaki pemain Persita Tangerang, Samsul Arif, di Utama Sport Center Kelapa Dua, Jumat (6/3/2020). BOLASPORT.com/MUHAMMAD ALIF AZIZPemain PSM Makassar, Asnawi Mangkualam Bahar, mencoba merebut bola dari kaki pemain Persita Tangerang, Samsul Arif, di Utama Sport Center Kelapa Dua, Jumat (6/3/2020).

KOMPAS.com - Bek muda PSM Makassar, Asnawi Mangkualam Bahar, bermimpi melanjutkan karier di luar Indonesia dengan target utama negara-negara Asia setelah itu Eropa.

Asnawi Mangkualam menilai kualitas kompetisi di negara-negara Asia saat ini sudah sangat berkembang dan kompetitif.

Alasan itu membuat Asnawi menjadikan Asia tujuan utama jika nantinya mendapat kesempatan berkarier di luar Indonesia.

"Kalau saya prioritasnya mengawali karier di luar negeri mungkin ke Thailand, Jepang, atau Korea Selatan," kata Asnawi dikutip dari BolaSport.com.

"Saya tidak mau main di Eropa terlebih dahulu. Saya ingin bermain di Asia dulu karena kita semua tahu kualitasnya juga tidak kalah," ujar Asnawi menambahkan.

Kesempatan pemain muda Indonesia melanjutkan karier di Eropa dalam beberapa tahun terakhir sudah mulai terbuka.

Baca juga: Curhat Pemain PSM Makassar Soal Pemotongan Gaji dan Sisi Lain Pesepak Bola

Hal itu tidak lepas dari keberhasilan Egy Maulana Vikri mendapatkan kontrak dari tim Polandia, Lechia Gdansk, pada 2018.

Tidak lama setelah itu, Osvaldo Haay (Persebaya Surabaya) dan Firza Andhika ( PSM Makassar) sempat merasakan trial dengan klub Eropa.

Tahun lalu, Witan Sulaeman menyusul Egy Maula Vikri melanjutkan karier di Eropa setelah resmi bergabung dengan tim Serbia, FK Radnik Surdulica.

Meski kesempatan sudah terbuka, Asnawi tetap memprioritaskan Asia terlebih dahulu daripada Eropa.

Halaman:


Sumber BolaSport
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X