Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Inggris Beri Restu Premier League Dilanjut Bulan Juni

Kompas.com - 15/05/2020, 08:30 WIB
Farahdilla Puspa,
Nugyasa Laksamana

Tim Redaksi

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Pemerintah Inggris telah mengizinkan kompetisi Premier League kembali dilanjutkan pada bulan Juni 2020.

Setelah dihentikan selama dua bulan karena virus corona, Premier League (kasta teratas Liga Inggris) kini mendapat kepastian bisa melanjutkan sisa pertandingan musim ini.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Bidang Digital, Kebudayaan, Media, dan Olahraga Inggris, Oliver Dowden setelah melakukan pertemuan dengan otoritas sepak bola pada Kamis (14/5/2020). 

Pertemuan yang melibatkan Premier League, EFL (English Football League), dan Asosiasi Sepak Bola Inggris dilakukan untuk membahas lebih lanjut rencana kembalinya kompetisi sepak bola.

Baca juga: Normalitas Baru Liga Inggris, Buang Muka Saat Ditekel!

Seluruh aktivitas olahraga termasuk kompetisi Liga Inggris telah ditangguhkan sejak pertengahan Maret 2020 karena pandemi virus corona.

Dengan pelonggaran aturan lockdown minggu ini, pemerintah setempat memastikan kegiatan dan kompetisi olahraga bisa kembali dimulai bulan depan.

"Kami semua sepakat bahwa hanya akan melanjutkan kompetisi jika situasi aman. Kesehatan serta kesejahteraan para pemain, pelatih, dan staf menjadi prioritas," demikian pernyatan Oliver Dowden dikutip dari Reuters.

"Pemerintah mengizinkan pertandingan sepak bola dilanjutkan pada bulan Juni," kata Dowden.

Oliver Dowden menyerahkan segala keputusan kepada otoritas sepak bola untuk menyusun rencana perihal bagaimana kompetisi akan dilanjutkan.

Akan tetapi, rencana tersebut tetap harus berada di bawah pantauan dan arahan Pemerintah Inggris mengingat situasi yang belum sepenuhnya aman dari ancaman virus corona.

"Kami serahkan kepada otoritas sepak bola untuk menyusun rencana detailnya soal kelanjutan kompetisi," ujar Oliver Dowden.

"Ada itikad baik mencapai hal ini untuk para penggemar, komunitas sepak bola, dan negara secara keseluruhan."

"Pemerintah dan petugas medis akan terus menawarkan panduan dan dukungan hingga keputusan akhir dibuat," tuturnya menambahkan.

Baca juga: Amankah Menggulirkan Kembali Liga Inggris di Tengah Pandemi Virus Corona?

Namun, Wakil Kepala Medis Inggris, Jonathan Van-Tam, mengatakan akan melakukan pendekatan untuk memastikan situasi benar-benar aman sebelum kompetisi dilanjutkan.

Karenanya, Jonathan menambahkan belum ada kepastian tanggal kapan semua aktivitas olahraga termasuk kompetisi Premier League dimulai. 

"Akan ada pendekatan untuk melihat apakah situasi sepenuhnya aman," kata Jonathan Van-Tam.

"Yang pertama adalah mereka tetap harus mematuhi aturan physical distancing saat kembali ke pelatihan."

"Setelahnya, kami harus mengevaluasi dan melihat hasilnya sebelum benar-benar memutuskan kompetisi bisa dimulai. Kami harus bergerak hati-hati," katanya mengakhiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com