Salah Prosedur, Tes Covid-19 di Bundesliga Diragukan Keabsahannya

Kompas.com - 10/05/2020, 04:20 WIB
Salomon Kalou beraksi bagi Hertha Berlin pada laga Bundesliga 2019-2020. AFP/JOHN MACDOUGALLSalomon Kalou beraksi bagi Hertha Berlin pada laga Bundesliga 2019-2020.

KOMPAS.com - Beberapa minggu jelang dimulai kembalinya Bundesliga, beberapa hal terkait prosedur kesehatan dan keamanan menjadi sorotan.

Hal ini diketahui tidak melalui penyelidikan resmi tetapi dari video yang diunggah oleh Salomon Kalou, penyerang klub Hertha Berlin.

Kalou mendapat peringatan keras setelah ia menghiraukan peraturan physical distancing dan terlihat menjabat tangan beberapa rekan setimnya.

Video tersebut juga menunjukkan pegawai Hertha yang melakukan uji swab dengan prosedur yang dianggap tidak tepat ke pemain bernama Jordan Torunarigha.

"Seperti yang bisa terlihat, tes tidak dilakukan dengan benar," tutur Ulrich Gruenewald dari majalah sains WDR Quarks seperti dikutip dari Sportschau.

Baca juga: Benteke: Rayakan Gol dengan Physical Distancing, Setiap Pemain akan Jadi Robot

"Olesan ke tenggorokan dilakukan terlalu cepat yang bisa berarti material virus kurang terserap."

Media sama mengutarakan bahwa penilaian tersebut hanya dari yang terlihat di video dari Kalou dan belum bisa dibilang menggambarkan keseluruhan proses pengambilan tes swab di klub.

Satu hal lagi yang bisa mengganggu keabsahan hasil tes adalah sang pegawai terlihat menyentuh lidah dengan stik sama untuk mengambil sampel di rongga mulut.

"Hal ini berarti bahwa beberapa material virus dapat lepas dari stik dan sampelnya bisa tercampur," tutur Gruenewald lagi.

"Dengan tipe sampling seperti ini, akan ada kemungkinan besar hasil yang keluar di laboratorium bakal keliru. Konsekuensi terburuk: Tesnya bisa negatif tetapi orang tersebut terinfeksi dan dapat menularkan virus," ujarnya.

Baca juga: Hasil Tes Tim Utama Negatif, Inter Milan Kembali Latihan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X