Kompas.com - 09/05/2020, 06:00 WIB
Bobotoh memberikan dukungan kepada Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada Liga 1 2018. KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHABobotoh memberikan dukungan kepada Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada Liga 1 2018.

BANDUNG, KOMPAS.com - Alejandro Tobar adalah gelandang elegan yang pernah menjadi pemain andalan di lini tengah Persib Bandung.

Perannya di lini tengah klub berjulukan Maung Bandung itu sangat krusial. Bisa dibilang, dia adalah motor serangan Persib.

Tobar bergabung bersama Persib pada putaran kedua Liga Indonesia musim 2003. Saat itu Persib memang sedang berbenah total, setelah performa inferior mereka selama putaran pertama.

Akibat performa buruk tersebut, klub berjulukan Maung Bandung itu sampai terpuruk di dasar klasemen sementara. Perombakan besar dilakukan, terutama pada posisi pelatih dan pemain asing.

Baca juga: Tiga Pemain Kidal Terbaik Bundesliga Musim 2019-2020

Pelatih asal Polandia, Marek Andrzej Sledzianowski, dipecat karena dianggap gagal mengangkat performa tim.

Tidak hanya Marek, tiga pemain asing Persib asal Polandia pun ikut terdepak. Ketiga pemain tersebut adalah Mariusz Mucharski, Piotr Orlinski, dan Maciej Dolega.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai gantinya, pengurus tim Persib menunjuk pelatih asal Chile, Juan Antonio Paez sebagai suksesor Marek.

Posisi tiga pemain asal Polandia digantikan oleh trio Chile; Tobar, Claudio Lizama dan Rodrigo Lemunao (kemudian dicoret dan digantikan ole Rodrigo Sanhueza).

Kehadiran Paez dan juga tiga pemain asing tersebut memberikan dampak positif bagi Persib. Taring Maung Bandung kembali terasah tajam. Lambat laun, Persib mulai meninggalkan posisi juru kunci.

Meski begitu, sejumlah hasil impresif yang dicatatkan Persib selama putaran kedua Liga Indonesia 2003, belum cukup untuk membuat mereka keluar dari zona degradasi. Pada akhir kompetisi mereka menduduki posisi ke-16.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.