Kompas.com - 09/05/2020, 05:20 WIB
Lukas Podolski saat masih berseragam 1. FC Koeln Alex GrimmLukas Podolski saat masih berseragam 1. FC Koeln

KOMPAS.com - Legenda tim nasional Jerman, Lukas Podolski, mempunyai perjalanan menarik selama berkarier sebagai pesepak bola profesional.

Pemain berusia 34 tahun itu kini menikmati lembaran penghujung kariernya di Antalyaspor, Turki.

Lukas Podolski dikenal melalui sepakan kaki kiri yang mematikan dan ditakuti semua penjaga gawang tim lawan, bakat Podolski pertama kali diketahui saat baru berusia 18 tahun ketika bergabung dengan klub sepak bola 1.FC Koeln.

Pada tahun 2003, klub tempat di mana "Pangeran Poldi" memulai lembaran awal karier sepak bola profesionalnya tersebut sedang berjuang mati-matian menghadapi ancaman degradasi dari divisi utama Bundesliga.

Baca juga: Resmi, Miroslav Klose Jadi Asisten Pelatih Bayern Muenchen Musim Depan

Manajer tim saat itu, Marcel Koller, dengan bekal anggaran yang sangat ketat mengajak Podolski untuk mengikuti sesi latihan dengan pemain senior. Selang beberapa waktu kemudian, Poldi mencatatkan debut seniornya pada 22 November 2003.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Die Geissboecke, julukan 1.FC Koeln memang tidak berhasil menghindari penurunan kasta ke 2.Bundesliga, namun bagi Podolski sendiri, debut musimnya sebagai pesepak bola senior mempunyai arti tersendiri.

Lukas Podolski saat melakoni pertandingan antara 1. FC Koeln danHannover 96 Friedemann Vogel Lukas Podolski saat melakoni pertandingan antara 1. FC Koeln danHannover 96
Ia berhasil menunjukkan kelasnya sebagai pemain profesional yang mampu diandalkan dengan mencetak 10 gol dari total 19 penampilan, sekaligus mencetak rekor baru dalam sejarah Bundesliga.

Meski tampil impresif bersama 1.FC Koeln dan terpilih sebagai skuad inti timnas Jerman dalam gelaran EURO 2004. Podolski memutuskan tetap setia berjuang bersama Koeln dan membantu klub tersebut promosi pada musim berikutnya.

Terbukti pada musim 2005/2006, Podolski sukses membawa 1.FC Koeln kembali ke divisi utama Bundesliga. Namun, Podolski tidak mampu mempertahankan klubnya dalam persaingan ketat antar-klub papan atas Jerman, dan menyeret mereka kembali ke 2.Bundesliga.

Pada musim 2006/2007, Pangeran Poldi memutuskan untuk mencari tantangan baru dengan bergabung bersama pemegang terbanyak juara liga Jerman, Bayern Muenchen.

Halaman:


Sumber Bundesliga
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.