Kurniawan DY: Kesejahteraan Atlet Perlu Diperhatikan

Kompas.com - 09/05/2020, 04:00 WIB
Pelatih kepala Sabah FA, Kurniawan Dwi Yulianto. KOMPAS.com/Suci RahayuPelatih kepala Sabah FA, Kurniawan Dwi Yulianto.

KOMPAS.com - Pelatih Sabah FA yang juga legenda sepak bola Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, menyebut kesejahteraan atlet di Indonesia perlu diperhatikan.

Bukan hanya atlet sepak bola, melainkan juga semua atlet di cabang olahraga lain yang selama ini berjuang keras mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Kurniawan Dwi Yulianto berharap pemerintah dapat memberi perhatian terhadap kesejahteraan para atlet, terutama atlet yang telah banyak berjasa bagi negara, seperti menyumbangkan medali di ajang SEA Games, Asian Games, atau Olimpiade.

"Kalau kita bicara pemain sepak bola profesional mereka memang harus bisa menghidupi diri mereka sendiri. Kalau berbicara tentang atlet dari cabor lain, tentunya perlu memberikan perhatian soal kesejahteraan mereka, terutama kepada para atlet yang telah berhasil menyumbangkan medali," kata Kurniawan.

"Kalau sepak bola atau badminton dalam setahun bisa banyak event, tetapi atlet dari cabor lain yang dalam setahun hanya ada satu atau dua event itu yang perlu mendapat perhatian lebih dari pemerintah," katanya.

Baca juga: Kurniawan DY Sebut Pembinaan Pemain Muda Indonesia Terlalu Dipaksakan

Kurniawan Dwi Yulianto sedikit membandingkan dengan kondisi yang dia temui selama melatih Sabah FA di Malaysia.

Mantan bomber Persebaya Surabaya menyebut atlet atau pelatih di Malaysia yang telah berjasa dalam menyumbangkan prestasi untuk negara kesejahteraan mereka ditanggung oleh Pemerintah Malaysia dalam bentuk tunjangan setiap bulan.

Selain itu mereka juga diberi gelar kebangsawanan sebagai datuk.

Untuk itu, Kurniawan Dwi Yulianto berharap pemerintah dapat memperhatikan kesejahteraan atlet yang berjuang tanpa pamrih untuk nama negara.

"Di Malaysia mereka yang berjasa untuk negara lewat olahraga mendapat gelar datuk dan mereka mendapat tunjangan per bulan," katanya.

"Tentunya, kita berharap di Indonesia demikian. Para atlet sendiri berjuang tanpa pamrih untuk negara, mereka butuh perhatian dari pemerintah," ucap pelatih asal Magelang itu.

Baca juga: Cerita Kurniawan DY soal Eksplorasi Posisi Sebelum Jadi Striker

Kurniawan Dwi Yulianto mengaku bersyukur bahwa saat ini sepak bola Indonesia semakin profesional dan bisa menyejahterakan pemain.

"Saya gembira sepak bola Indonesia yang dulu under estimate untuk biaya hidup sekarang bisa menjadi sumber penghidupan buat para pemain," katanya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X