IFAB Setujui Proposal FIFA soal Lima Kali Pergantian Pemain

Kompas.com - 09/05/2020, 03:00 WIB
Kevin De Bruyne masuk menggantikan Riyad Mahrez pada pertandingan Manchester City vs Everton di Stadion Etihad dalam lanjutan Liga Inggris, 15 Desember 2018. AFP/OLI SCARFFKevin De Bruyne masuk menggantikan Riyad Mahrez pada pertandingan Manchester City vs Everton di Stadion Etihad dalam lanjutan Liga Inggris, 15 Desember 2018.

KOMPAS.com - Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional ( IFAB) telah menyetujui usulan dari Badan Sepak Bola Dunia ( FIFA) terkait lima pergantian pemain dalam satu pertandingan.

Keputusan itu resmi diumumkan melalui laman resmi IFAB pada Jumat (8/5/2020) waktu setempat.

IFAB telah menyetujui permintaan dari FIFA terkait usulan lima pergantian pemain dalam satu pertandingan.

Nantinya aturan tersebut hanya berlaku sementara yang akan berakhir pada 31 Desember 2020, atau tepatnya untuk musim 2019-2020 ini saja.

Baca juga: Bayu Gatra Tanggapi Wacana FIFA Usulkan Lima Kali Pergantian Pemain

"Amandemen sementara mulai berlaku dengan efek langsung dan telah dibuat karena pertandingan dapat dimainkan dalam periode yang singkat dalam kondisi yang berbeda, yang dapat berdampak pada kesehatan pemain," bunyi pernyataan IFAB dikutip dari laman resmi.

IFAB juga mengonfirmasi bahwa aturan ini akan bergantung pada kebijaksanaan masing-masing penyelenggara kompetisi individu.

"Keputusan apakah akan menerapkan amandemen sementara ini akan tetap pada kebijaksanaan masing-masing penyelenggara kompetisi individu."

"IFAB dan FIFA akan menentukan pada tahap selanjutnya apakah amandemen sementara ini perlu diperpanjang lebih lanjut (misalnya untuk kompetisi yang akan diselesaikan pada 2021)," tulis keterangan tersebut.

Selain itu, IFAB juga telah mengubah aturan terkait video assistant referee (VAR). IFAB telah memberi izin kepada pengelola liga untuk memilih berhenti menggunakan teknologi tersebut.

Namun, hal itu dengan kebijakan kompetisi masing-masing.

Baca juga: Cegah Cedera, FIFA Usulkan Lima Kali Pergantian Pemain

Halaman:


Sumber IFAB
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X