Premier League Ancam Degradasi Tiga Klub Buntut Liga Inggris

Kompas.com - 08/05/2020, 17:30 WIB
Papan informasi di dekat Tottenham Hotspur Stadium di London pada 15 Maret 2020 menunjukkan jadwal pertandingan Liga Inggris yang ditunda karena penyebaran virus corona. AFP/TOLGA AKMENPapan informasi di dekat Tottenham Hotspur Stadium di London pada 15 Maret 2020 menunjukkan jadwal pertandingan Liga Inggris yang ditunda karena penyebaran virus corona.

KOMPAS.com - Premier League mengancam degradasi tiga klub buntut Premier League, Norwich, Aston Villa, dan Bournemouth, apabila mereka bersikeras tidak ingin bermain di laga netral.

Premier League sebagai penyelenggara kompetisi tertinggi Liga Inggris tengah mencari strategi untuk melanjutkan kembali musim 2019-2020 apabila pandemi virus corona sudah mereda.

Premier League berencana menggulir kembali kompetisi pada pekan pertama atau kedua Juni 2020.

Klub-klub diharapkan bisa kembali latihan pada 18 Mei 2020.

Rencana ini tergabung ke skema "Project Restart", yakni strategi yang disusun oleh direktur sepak bola Premier League, Richard Garlick, demi memulai kembali kompetisi.

Baca juga: Wajib Militer Son Heung-min, 10 dari 10 Tembakan Akurat dan Dapat Penghargaan

Liga Inggris tak ingin berhenti seperti Liga Belgia, Belanda, dan Perancis apabila bukan karena instruksi spesifik dari pemerintah.

Pemerintah Inggris sendiri ingin agar sepak bola cepat kembali lagi. Salah satu dukungan datang dari Menteri Luar Negeri Dominic Raab yang mengutarakan bahwa "sepak bola dapat mengangkat semangat bangsa".

Salah satu poin dari Project Restart adalah memainkan kompetisi di venue netral dengan semacam training camp agar bisa meminimalisir waktu perjalanan serta mengurangi risiko pemaparan virus corona.

Akan tetapi, Norwich, Aston Villa, dan Bournemouth dikabarkan menolak proposal tersebut karena tak ingin kehilangan keuntungan menjadi tuan rumah dalam pertarungan menghindari zona degradasi.

Baca juga: Masker Canggih yang Diborong Klub-klub Liga Inggris

"Sejujurnya, saya menolak ide ini. Kami klub yang membanggakan performa di kandang," ujar CEO Villa, Christian Purslow, kepada TalkSport.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X