Cerita Unik Awal Mula Jandia Eka Putra Jadi Seorang Kiper

Kompas.com - 08/05/2020, 15:40 WIB
Kiper PSIS Semarang, Jandia Eka Putra. KOMPAS.com/Suci RahayuKiper PSIS Semarang, Jandia Eka Putra.

PADANG, KOMPAS.com - Jandia Eka Putra berbagi cerita unik tentang bagaimana dia memutuskan kariernya sebagai seorang penjaga gawang.

Ternyata keputusannya tersebut diawali dari sebuah kebetulan. Ketika mengulas kembali pun Jandia Eka Putra masih merasa tidak percaya.

Kiper yang khas dengan rambut kuncirnya tersebut membuka cerita saat masih muda.

 

Baca juga: Jersey Pemain Semen Padang yang Dilelang Laku Rp 2 Juta

Jandia lupa kapan pastinya, namun saat itu dia masih muda dan masih sering ikut kompetisi sepak bola atau turnamen antar kampung.

Kala itu, Jandia Eka Putra tidak memiliki pengetahuan sepak bola dan bermain atas dasar hobi saja.

Sebagai seseorang yang menggemari sepak bola, dia tidak terlalu mementingkan apa posisi yang dia mainkan.

Asal bisa diberikan kesempatan main, Jandia sudah sangat senang, terlebih dalam pertandingan yang ada embel-embel turnamennya.

“Kalau tidak salah dulu itu main pertama jadi bek kiri, lalu kipernya cidera. Lalu saya direkomendasikan oleh teman saya untuk menjadi kiper, ya sudah saya jadi kiper, otodidak gitu saja tanpa persiapan,” kata penjaga gawang 32 tahun tersebut.

Tidak diduga, Jandia sangat apik menjalankan tugasnya menjadi kiper dadakan. Kemudian semesta menunjukan jalan kepadanya.

Ada salah satu penonton yang terpikat dengan talenta yang dimilikinya. Akhirnya Jandia Eka Putra diundang untuk latihan sepak bola secara serius sebagai kiper.

Prosesnya mengalir begitu saja, dan dia menekuni profesinya sebagai kiper sepakbola profesional.

Baca juga: Bomber PSIS Bruno Silva Ingin Jadi WNI demi Bela Timnas Indonesia

“Lalu pertandingan saya dilihat oleh orang dan akhirnya diajak latihan, dan akhirnya alhamdulillah di sini sampai sekarang. Sudah garisnya seperti ini,” ucap kiper asal Padang tersebut.

Dari ketidaksengajaan tersebut, kiper kelahiran 14 Juli 1984 itu menemukan jalannya.

Kini, terhitung sudah 11 tahun ia menjadi kiper profesional.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X