Libur Kompetisi Akibat Pandemi, Bek Persita Sebut Simulasi Pensiun

Kompas.com - 08/05/2020, 15:20 WIB
Kapten tim Persita Tangerang, Hamka Hamzah. persitafc.comKapten tim Persita Tangerang, Hamka Hamzah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir dua bulan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 dihentikan usai PSSI mengambil keputusan menghentikan sementara kompetisi sejak akhir Maret lalu akibat pandemi virus corona.

Hingga hari ini, penyebaran virus corona belum menunjukkan tanda-tanda akan mereda.

Jika mengacu pada keputusan PSSI, baik Liga 1 dan Liga 2 akan kembali bergulir pada Juli mendatang dengan syarat pemerintah mengangkat status Darurat Bencana.

Menghadapi situasi tersebut bek Persita Tangerang, Hamka Hamzah menyebut jika situasi saat ini merupakan simulasi bagi pemain ketika pensiun.

Ketika pemain benar-benar harus berhenti dari hiruk pikuk lapangan hijau seperti saat ini,  Hamka Hamzah berpendapat pemain harus kreatif mencari sektor lain sebagai sumber pendapatan mereka.

Baca juga: Stadion Benteng, Eks Markas Persita yang Kini Jadi Tempat Angon Kambing

Situasi pandemi saat ini menurutnya jadi momen tepat bagi para pemain sepak bola untuk berpikir apa yang akan mereka lakukan di masa depan apabila sudah tidak bermain sepak bola lagi.

“Kita harus siap semua dengan keadaan  seperti ini. Pemain harus siap dengan segala situasi jika berhenti bermain sepak bola seperti saat ini,” kata pemain kelahiran Makassar tersebut.

“Ini contoh kalau sudah pensiun dari sepak bola mereka harus berpikir mencari sumber pendapatan lain untuk menghidupi keluarganya. Ini juga persiapan agar mereka terbiasa menghadapi situasi sulit dan tidak kaget jika situasi seperti ini terulang kembali,” imbuhnya.

Hamka Hamzah juga berpesan terutama kepada pemain muda untuk memikirkan apa yang perlu mereka lakukan setelah pensiun.

Selagi mereka aktif bermain, para pemain muda perlu memikirkan investasi demi masa depan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X