GBK Jadi Stadion Terfavorit di Asia Tenggara

Kompas.com - 08/05/2020, 12:40 WIB
Wajah baru Stadion Utama GBK Senayan Jakarta yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Minggu, 14 Januari 2018. Dokumentasi Adhi KaryaWajah baru Stadion Utama GBK Senayan Jakarta yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Minggu, 14 Januari 2018.

KOMPAS.com - Stadion Utama Gelora Bung Karno ( GBK) menjadi stadion terfavorit di Asia Tenggara versi Federasi Sepak Bola Asia ( AFC).

Stadion kebanggaan publik Tanah Air itu terpilih menjadi yang terfavorit berdasarkan voting melalui laman resmi AFC.

Hasil voting yang dibuka sejak Jumat (1/5/2020) menunjukkan, Stadion Gelora Bung Karno memperoleh total suara sebesar 58 persen.

GBK unggul telak dari empat stadion milik negara tetangga, Stadium Australia (Australia), Stadion Nasional Bukit Jalil (Malaysia), Stadion My Dinh (Vietnam), dan Stadion Rajamangala (Thailand).

Stadion Nasional Bukit Jalil di Malaysia, yang menduduki peringkat kedua, bahkan hanya meraup 19 persen suara.

Baca juga: Kiper Persija Jakarta Merindukan Atmosfer Stadion Utama GBK

Dalam keterangannya, AFC menulis, GBK merupakan stadion yang sangat menakjubkan.

Selain karena kapasitasnya yang mencapai 80.000 penonton, AFC menilai Stadion GBK sebagai salah satu venue olahraga paling unik.

Bagian yang menjadi sorotan AFC adalah atap ikonik GBK yang memiliki sebutan atap "temu gelang", berbentuk oval dan menutupi seluruh tribune.

Tidak hanya sebagai sarana olahraga sepak bola, Stadion GBK juga kerap digunakan untuk menghelat pertandingan cabang olahraga lain, konser musik, acara keagamaan, hingga kegiatan politik berskala besar.

Baca juga: Lakoni Debut Bersama Persija, Marco Motta Kagumi Atmosfer Stadion GBK

Stadion GBK pertama kali diresmikan pada 1962 untuk perhelatan Asian Games keempat.

Halaman:


Sumber AFC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X