Kompas.com - 08/05/2020, 00:35 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Pemain sepak bola berada di posisi rentan saat kelanjutan kompetisi liga bergulir di tengah-tengah upaya memerangi pandemi corona.

Ada implikasi finansial di balik upaya kelanjutan itu.

Baca juga: Liga Perancis Dihentikan, Pemain Cari Utangan

Catatan menunjukkan, Liga Jerman sudah mematok tanggal bergulir kembali pada 16 Mei 2020 dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat bagi pemain, pelatih, dan ofisial.

Sementara, Liga Belanda dan Liga Perancis sudah memutuskan menghentikan kompetisi musim 2019/2020.

Staf pelatih tim nasional Belanda, Marco van Basten, Danny Blind, Ruud van Nistelrooy, bakal dipertahankan KNVB.AFP Staf pelatih tim nasional Belanda, Marco van Basten, Danny Blind, Ruud van Nistelrooy, bakal dipertahankan KNVB.

Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) sudah meminta bantuan pemerintah Belanda usai membeberkan prediksi kerugian 400 juta euro atau setara dehan 614 juta dollar AS saat Liga Belanda benar-benar dihentikan.

Sementara, menurut ESPN, Liga Perancis membutuhkan dana 177 juta euro untuk menambal defisit keuangan dari hak siar televisi.

Bek Paris Saint-Germain, Presnel Kimpembe berduel di udara dengan Axel Disasi pada pertandingan PSG vs Reims dalam lanjutan Liga Perancis di Parc des Princes, 25 September 2019. AFP/BERTRAND GUAY Bek Paris Saint-Germain, Presnel Kimpembe berduel di udara dengan Axel Disasi pada pertandingan PSG vs Reims dalam lanjutan Liga Perancis di Parc des Princes, 25 September 2019.

Sementara, goncangan keuangan kian akut pada liga-liga yang lebih besar ketimbang Liga Belanda, Perancis, dan Jerman.

"Kalau tak berlanjut, Liga Spanyol bisa kehilangan 1 miliar euro,"kata Presiden La Liga Javier Tebas.

Presiden La Liga, Javier Tebas, merasa yakin bahwa laga El Clasico antara Real Madrid dan Barcelona di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu (21/11/2015), akan berjalan dengan lancar. JAVIER SORIANO/AFP Presiden La Liga, Javier Tebas, merasa yakin bahwa laga El Clasico antara Real Madrid dan Barcelona di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu (21/11/2015), akan berjalan dengan lancar.

Sementara itu, total kehilangan duit Liga Inggris mwnyentuh angka 1,1 miliar euro atau sama dengan 1,76 miliar dollar AS.

Pemain

Striker Argentina Manchester City Sergio Aguero (kiri) meninggalkan lapangan setelah digantikan oleh striker Manchester City Brasil Gabriel Jesus selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester City dan Tottenham Hotspur di Stadion Etihad di Manchester, Inggris barat laut, pada 17 Agustus , 2019.AFP/OLI SCARFF Striker Argentina Manchester City Sergio Aguero (kiri) meninggalkan lapangan setelah digantikan oleh striker Manchester City Brasil Gabriel Jesus selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester City dan Tottenham Hotspur di Stadion Etihad di Manchester, Inggris barat laut, pada 17 Agustus , 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.