Charis Yulianto: Ramadhan Kali Ini Beda, Ada Berkah di Tengah Pandemi

Kompas.com - 06/05/2020, 21:40 WIB
Asisten pelatih Arema FC, Charis Yulianto persiapan buka bersama anak-anaknya. Dokumentasi PribadiAsisten pelatih Arema FC, Charis Yulianto persiapan buka bersama anak-anaknya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Asisten pelatih Arema FC, Charis Yulianto, menyebut jika Ramadhan tahun ini berbeda dengan edisi sebelum-sebelumnya.

Tahun ini, para pelaku sepak bola Tanah Air harus benar-benar istirahat dari hiruk pikuk lapangan hijau akibat wabah pandemi virus corona.

Menghadapi situasi seperti ini, Charis Yulianto mengutarakan tentu ada kerinduan berkumpul dengan tim di saat Ramadhan.

Namun, ada berkah yang mantan kapten Timnas Indonesia itu dapat petik saat ini.

Ia bersyukur karena waktu berkumpul dengan keluarga menjadi lama. Waktu tersebut tak mungkin ia dapatkan saat kompetisi tengah bergulir.

Baca juga: Sering Kesepian, Pelatih Kiper Arema FC Ambil Kursus Online

“Pasti berbeda dengan tahun sebelumnya di bawah pandemi wabah covid19. Kami tidak bisa berkumpul dengan tim dan tidak merasakan puasa bareng pada saat sahur maupun buka puasa,” katanya kepada Kompas.com.

"Berkahnya, saya masih bisa berkumpul dengan keluarga."

Berkumpul bersama keluarga membuat Charis Yulianto banyak menghabiskan waktu untuk membantu istrinya menyiapkan menu berbuka puasa dan sahur.

Aktivitas tersebut selama ini jarang ia lakukan karena rutinitasnya sebagai asisten pelatih yang memaksa berkonsentrasi untuk timpada Ramadhan tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Dampak Covid-19 bagi Charis Yulianto, Rindu Pimpin Latihan Arema FC

“Biasa bantu istri nyiapin masakan buat sahur dan buka puasa. Ya, ikut bantu ngaduk-ngaduk. Paling bantu sebisa mungkin dan ngerti yang istri masak,” ucap pemain yang membawa Sriwijaya FC merasakan double winners pada 2007 itu.

Asisten pelatih asal Blitar tersebut mengaku memiliki menu wajib yang harus disantap selama bulan Ramadhan.

“Menu wajib kolak, tahu tempe, dan bakwan sayur. Itu harus ada,” pungkasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X