Jabatan Direktur dan Manajer untuk Kelola PT LIB Harus dari Kalangan Profesional

Kompas.com - 05/05/2020, 06:30 WIB
Yunus Nusi (kiri), Plt Sekjen PSSI. DOK. PSSIYunus Nusi (kiri), Plt Sekjen PSSI.

KOMPAS.com - Pelaksana tugas Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menjelaskan dugaan nepotisme terkait posisi Wakil Sekjen PSSI yang kini dijabat Maaike Ira Puspita dan posisi General Manager PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang kini dijabat Pradana Aditya.

Maaike Ira Puspita adalah ipar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, sedangkan Pradana Aditya adalah anak Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Somantri yang juga Direktur Utama PT LIB.

“Statuta PSSI mengatur bahwa pengangakatan Sekjen menjadi kewenangam Ketua Umum PSSI," papar Yunus.

Baca juga: Soal Dugaan Nepotisme, Ini Penjelasan Plt Sekjen PSSI

 

"Pun penunjukkan Wasekjen adalah hak Ketua Umum PSSI dalam rangka percepatan pelayanan PSSI kepada member yang berjumlah ratusan anggota, baik itu klub Liga 1, Liga 2, Liga 3, Asosiasi Provinsi se-Indonesia, asosiasi-asosiasi sepak bola, dan organisasi-organisasi sepak bola yang berafiliasi dengan PSSI,” papar Yunus.

Wakil Sekjen PSSI, lanjutnya, bertugas di bidang administratif dan membantu peran Sekjen PSSI.

"Tidak bersentuhan dengan uang. Murni administratif berbagi tugas dengan Sekjen, dan tidak langsung bertanggung jawab kepada Ketua Umum PSSI,” tandas Yunus.

PT LIB, kata Yunus, lebih fokus kepada pengelolaan keuangan dan kompetisi.

“Karena itu, pengangkatan staf level atas, harus melalui rapat direksi," tegas Yunus.

Ia menyampaikan hal itu terkait dugaan posisi General Manager PT LIB yang kini dijabat Pradana Aditya, bukan hasil rapat direksi, melainkan penunjukkan langsung sang ayah, Cucu Somantri.

Dugaan ini membuat salah satu anggota Exco PSSI, Juni Ardianto Rachman, menghendaki digelar rapat umum pemegang saham (RUPS) PT LIB.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X