Sir Alex Ferguson Bocorkan Rahasia Sukses Latih Man United Selama 27 Tahun

Kompas.com - 04/05/2020, 20:00 WIB
Ekspresi manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, saat mengangkat trofi Liga Inggris musim 2012-2013 seusai laga menghadapi Swansea City di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, pada 12 Mei 2013. AFP PHOTO / ANDREW YATESEkspresi manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, saat mengangkat trofi Liga Inggris musim 2012-2013 seusai laga menghadapi Swansea City di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, pada 12 Mei 2013.

KOMPAS.com - Sir Alex Ferguson mengungkapkan rahasia kesuksesannya menjadi pelatih Manchester United selama 27 tahun.

Pelatih asal Skotlandia itu tak bisa dipisahkan jika bicara soal masa-masa kejayaan Manchester United, baik di kompetisi Inggris maupun Eropa.

Sejak 1986 hingga 2013, Sir Alex Ferguson telah mempersembahkan 38 gelar bagi Manchester United, termasuk 13 trofi Liga Inggris dan dua kali juara Liga Champions.

Bahkan, pada musim terakhir menjadi pelatih, pria berusia 78 tahun itu mampu membawa Man United menyalip rekor yang ditorehkan Liverpool.

Baca juga: Ilmu dari Alex Ferguson Jadi Modal Berharga Solskjaer Raih Gelar Liga Inggris

Man United berhasil mengoleksi 20 gelar Premier League, unggul satu trofi dari klub berjulukan The Reds tersebut.

Sir Alex Ferguson pun mengungkapkan kunci keberhasilannya sebagai seorang juru taktik.

"Dalam kasus saya sebagai seorang pelatih, (kuncinya) adalah desakan untuk para pemain berlatih dengan standar yang tinggi. Kami pun menjaga kualitas latihan hingga 100 persen," ucap Sir Alex Ferguson dilansir BolaSport.com dari Independent.

"Saya tidak pernah mengizinkan para pemain bermalas-malasan saat sesi latihan berlangsung," katanya.

Hal itu dilakukan Sir Alex Ferguson sebab menurut dia sesi latihan akan memberikan dampak yang signifikan saat timnya menjalani pertandingan yang sesungguhnya.

"Saya tidak akan mengubah pendekatan itu karena menurut saya, apa yang kami lakukan saat latihan akan berguna pada pertandingan sesungguhnya," ujar Sir Alex Ferguson lagi.

Halaman:


Sumber BolaSport
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X